Inspektorat Akan Periksa Penggunaan Dana ADD

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG |Inspektorat Pemkab Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan alokasi dana desa yang digunakan setiap desa di wilayah itu pada tahun anggaran 2017.

Kepala Inspektorat Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU), Ari Susanto di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa pemeriksaan dana desa ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyimpangan atau temuan lainnya atas penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) oleh masing-masing desa.

“Kami sudah melayangkan surat kepada para kepala desa untuk segera menyampaikan laporannya terkait penggunaan dana desa,” katanya.

Sementara Seketaris Inspektorat Pemkab OKU, Robinsyah menambahkan pihaknya pada September lalu sudah melakukan pemeriksaan terhadap 143 desa di wilayah itu terkait penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahap I yang sudah direalisasikan pada 2017.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, kata dia, telah mengecek fisik pembangunan dari realisasi ADD?bersama Tim ke lapangan dan tidak ditemukan adanya penyimpangan.

“Selain itu masalah kelengkapan administrasi meskipun belum sepenuhnya lengkap dari 143 desa yang ada di Kabupaten OKU, namun kami tetap melakukan pemeriksaan dan pembinaan terhadap penggunaan ADD,” ujarnya.

Robinsyah juga menambahkan jika pihaknya berupaya memberikan perbaikan jika penggunaan dana desa dianggap tidak wajar. Dalam pemeriksaan tersebut terdapat 10 tim yang langsung turun ke lapangan melakukan pemeriksaan di 13 kecamatan.

“Secara cek fisik sampel sudah dilaksanakan untuk pemeriksaan administrasi laporan Surat Pertanggungjawaban (SPJ), nantinya pada awal Januari akan kami lakukan audit reguler dan saat ini ada sebagian desa yang masih melengkapi administrasinya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, inspektorat berharap agar penggunaan ADD dapat direalisasikan tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Editor: Sarono PS

Sumber: Antara

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait