Ironis, Mobil Bioling Pagaralam Diduga Terlantar Bertahun-Tahun

SWARNANEWS.CO.ID, PAGARALAM | Mobil Bioskop Keliling (Bioling) yang diduga tidak di fungsikan sebagai mana mestinya dan terparkir lama di depan rumah pribadi salah satu pejabat Pemkot Pagaralam, sebetulnya menjadi aset edutaiment yang sangat penting, tidak hanya memberikan akses kepada masyarakat yang jauh dari akses bioskop untuk bisa menonton film Indonesia, namun juga menjadi media informasi visual untuk masyarakat yang jauh dari perkotaan.

Mobil bioling ini pun hadir dengan berbagai fasilitas guna menunjang persebaran perfilman di Indonesia. yakni berisi peralatan bioskop atau peralatan pemutar film yang sudah lengkap dan memenuhi standar untuk pemutaran outdoor.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pagaralam, Cholmin, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Tarmizi mengatakan, betul ada mobil tersebut (Bioling) di Pagaralam.

“Dalam keadaan mogok atau rusak, sudah lama tidak bisa di operasikan, kami sudah berupaya untuk dapat memfungsikan dan kami sangat menginginkan agar mobil tersebut dapat di manfaatkan sebagaimana mestinya,”tuturnya saat dihubungi awak media melalui Whatshapp. Rabu (30/12/2020).

Sementara itu, sekelompok anak muda yang peduli akan perkembangan Seni dan Budaya mengatakan, sangat menyayangkan terlantantarnya mobil tersebut (Bioling), “dimasa Pandemic seperti ini mobil Bioling itu sangat efektif untuk menyapaikan informasi ke masyarakat yang ada didusun-dusun pelosok Pagaralam, melalui film atau media visual,”tuturnya.

Lanjut dia, apalagi Kota Pagaralam merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota yang memiliki mobil Bioling tersebut di Provinsi Sumatera Selatan. Nah sangat ironis jika mobil tersebut ditelantarkan bertahun-tahun, apalagi mobil tersebut ditempatkan dikediaman pribadi salah-satu pejabat Pemkot Pagaralam.

Jadi sangat disayangkan mobil Bioling yang ada di Pagaralam ini peruntukannya tidak sesuai dengan Nawacita Bapak Presiden dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat meresmikan Mobil Bioskop Keliling (Bioling).

Mengutip dari media Kompas.com pada saat Bapak Presiden dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meresmikan mobil bioskop keliling oleh Sekretaris Jenderal Didik Suhardi pada Jumat (2/11/2018). Kepala Tata Usaha Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Abu Chanifah atau Hanif menyatakan, bahwa mobil bioling merupakan implementasi dari program Presiden Joko Widodo.

“Mobil bioling ini merupakan implementasi Nawacita Bapak Jokowi, yaitu janji beliau untuk memberikan akses kepada masyarakat yang tidak memiliki akses bioskop untuk bisa menonton film Indonesia yang bertemakan revolusi mental,”ujarnya.

Teks : Reri Alfian
Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait