Jaga Kehandalan Operasi, Pertamina Pendopo Rutin Lakukan Penggantian Pipa

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Pertamina Subholding Upstream Regional Sumatra Zona Sumatra Selatan Pendopo Field (Pertamina Pendopo) sigap menangani kebocoran pipa pada Kamis (22/7/2021) di Desa Pal Tiga, Talang Akar, PALI.

Pipa tersebut merupakan pipa transfer minyak dari SP 8 dan SP 9 menuju SP 10 Talang Akar. Tim Tanggap Darurat mendapat laporan dari petugas pengamanan Pertamina Pendopo pada Kamis (22/7) sekitar pukul 19:45 WIB.

Officer Comrel & Cid Zona 4 PT. Pertamina Hulu Rokan Pendopo Field Njo Fransiscus Xaverius Anditya Cipt menjelaskan, setelah mendapat laporan, Tim Tanggap Darurat segera menuju lokasi dan melakukan penanganan.

“Tim Tanggap Darurat melakukan stop pemompaan minyak agar aliran terhenti. selanjutnya Tim juga menerjunkan alat berat untuk menggali titik kebocoran, mengingat posisi pipa berada di dalam tanah. Setelah ditemukan titiknya, dilakukan pemasangan klem pada pipa,” jelas Andi Njo panggilan akrabnya.

Vacuum truck dikerahkan untuk menyedot sisa-sisa minyak di lokasi kejadian hingga bersih. Setelah dilakukan pemasangan klem dan pembersihan.

“Tim Tanggap Darurat melakukan pemompaan kembali sambil mengamati pipa di lokasi kejadian. Setelah selesai pengamatan dan tidak ada kebocoran, pipa kemudian ditimbun kembali,” ujar Andi.

Pukul 23:15 WIB, penanganan kejadian dinyatakan selesai. Hasil investigasi Tim Tanggap Darurat menyebutkan bahwa kebocoran terjadi karena korosi pada pipa.

“Tim juga memastikan, hingga saat ini (25/7) aliran minyak tidak berdampak terhadap aktivitas dan tanaman tumbuh masyarakat,” ungkapnya.

Pertamina Pendopo rutin melaksanakan program penggantian pipa setiap tahun. Untuk tahun 2021, direncanakan dilakukan penggantian pipa sepanjang total 52 kilometer, tersebar di beberapa titik.

Pipa yang bocor saat ini merupakan salah satu titik yang akan diganti. Pertamina Pendopo merupakan salah satu lapangan penghasil migas yang dikelola Pertamina Zona Sumatra Selatan.

“Produksi minyak Pertamina Pendopo berada di angka 3.486 barel minyak per hari. Sedangkan produksi gas berkisar di angka 186,94 standar juta kaki kubik per hari,” pungkasnya.

Teks: Sangkut
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait