Jalan Lintas Macet Panjang Hingga Belasan Kilometer

SWARNANEWS.CO.ID, PRABUMULIH |Jalan lintas Muara Enim menuju Prabumulih macet total pada Senin (8/1). Arus lalu lintas ini pun lumpuh total hingga mencapai belasan kilometer.

Berdasarkan pantauan wartawan, kemacetan panjang terjadi mulai dari simpang Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang hingga perbatasan Kecamatan Rambang Dangku. Kondisi arus lalu lintas pun semrawut lantaran mulai dari kendaraan pribadi, bus hingga truk bertonase berat saling mendahului.

Bahkan, beberapa kendaraan lainnya terperosok ke bahu jalan lantaran menyerobot arus untuk mendahului kendaraan lainnya. Kondisi ini berlangsung sejak dini hari tepatnya pukul 01.00 wib.

Tampak sejumlah petugas Polres Muara Enim yang dibantu TNI Koramil Gunung Megang dan anggota Dishub Muara Enim mengatur arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Hingga berita ini diturunkan kondisi macet panjang masih belum terurai.

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan Melalui Kapolsek Gunung Megang AKP Iwan Gunawan saat dikonfirmasi mengatakan, penyebab terjadinya macet panjang dikarenakan ada kendaraan yang mogok di tengah jalan. Kondisi ini diperparah lanataran kedua kendaraan tersebut mogok di dua arus berlawanan.

“Kedua kendaraan ini sama-sama mengalami patah as. Mungkin karena kelebihan muatan. Satu mobil tronton rusak di wilayah perlintasan rel Pruwei dan satunya lagi di Simpang Benakat,” ujar Iwan kepada Detiksumsel.com.

Kemacetan jugan diperparah oleh rusaknya sejumlah ruas jalan di jalur tersebut. Untuk mengurai kemacetan, petugas mengupayakan buka tutup jalan.

“Ditambah lagi kondisi hujan yang megguyur semalaman. Sehingga proses evakuasi kedua kendaraan yang rusak cukup memakan waktu,” jelasnya.

Terjadinya kemacetan panjang di wilayah tersebut membuat tidak nyaman pengguna jalan. Banyak diantaranya yang telat bekerja lantaran terjebak macet.

“Ini sudah telat 3 jam masuk kantor. Biasa dari Muara Enim ke Prabumulih dua jam, karena macet panjang bisa jadi lima sampai enam jam,” keluh salah satu pengguna jalan yang terjebak macet.

Editor: Sarono PS

Sumber: Detiksumsel

 

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait