Jamkrindo Layani 52 Ribu UMKM Sumsel

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 21/12/2019 | Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) membantu penjaminan kredit 52 ribu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta kontraktor pelaksana proyek besar di Sumatera Selatan selama 2019.

Nilai kredit yang dijamin dari ribuan pelaku usaha tersebut mencapai Rp4,5 triliun atau sesuai dengan target yang ditetapkan, kata Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo, Adnan Lukman Hatta di Palembang, Sabtu.

Untuk menjamin kredit pelaku UMKM dan kontraktor di Sumsel dan empat provinsi lainnya dalam wilayàh kerjanya meliputi Provinsi Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung, pihaknya menyiapkan dana penjaminan Rp13,5 triliun.

“Dana yang disiapkan untuk membantu penjaminan kredit investasi dan modal kerja pelaku UMKM dan kontraktor itu hampir terserap semuanya,” ujarnya.

Melihat realisasi penjaminan kredit dalam beberapa tahun terakhir cukup besar, pihaknya berupaya meningkatkan akses sumber pembiayaan pelaku UMKM dan kontraktor sehingga bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman dari perbankan.

Untuk meningkatkan akses sumber pembiayaan pelaku UMKM dan kontraktor, selain meningkatkan dana penjaminan, pihaknya juga berupaya membuka “marketing point’ di kabupaten/kota yang belum ada kantor cabang Jamkrindo.

Melalui upaya tersebut diharapkan masyarakat yang mengembangkan UMKM dan kontraktor pembangunan fisik, pengadaan barang dan jasa bisa merasakan manfaat yang lebih besar keberadaan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penjaminan kredit itu.

Kontribusi Perum Jamkrindo kepada masyarakat di Wilayah Kanwil II Palembang meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung sepsnjang 2019 ini cukup besar.

Melihat perkembangan realisasi penjaminan kredit sepanjang tahun ini cukup baik, pihaknya akan meningkatkan target penjaminan kredit terhadap pelaku UMKM, kontraktor dan mitra lainnya di lima provinsi Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo lebih besar lagi, ujar Adnan.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait