Jembatan Musi VI Resmi Dibuka Untuk Umum, Bertonase Berat Dilarang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) secara umum resmi membuka Jembatan Musi VI Palembang.

Meskipun telah dibuka untuk umum, khususnya untuk para pengendara roda dua dan empat. Jembatan dengan panjang 925 meter ini masih dilakukan rekayasa lalu lintas selama satu Minggu kedepan.

Kepala Dinas PU BMTR Sumsel, Darma Budhy mengatakan, dalam rekayasa lalu lintas disekitar Jembatan itu, pihaknya dibantu oleh Dinas Perhubungan Provinsi dan kota Palembang serta aparat kepolisian dan TNI.

“Kami dibantu selama satu Minggu, jadi petugas dari dishub kota maupun provinsi akan stand by untuk menganalisa titik-titik mana yang macet dan kemudian akan diurai,” katanya, Rabu (6/1/2021).

Ditambahkan Budhy, dalam rekayasa itu, pihaknya akan membatasi kendaraan bertonase berat seperti truk untuk melalui Jembatan yang menghubungkan antara Ulu dan Ilir tersebut.

“Jadi mobil truk belum boleh melalui Jembatan ini, dan untuk kendaraan pribadi silahkan. Cuma kami sarankan jangan melakukan pemberhentian di atas jembatan,” ungkapnya.

Terakhir, mantan Kadis PUBM kota Palembang ini menghimbau agar pengguna jalan mempergunakan Jembatan Musi VI ini sesuai dengan yang dianjurkan oleh aparat kepolisian dalam hal ini Polantas.

“Jangan melakukan pemberhentian di atas jembatan, kalau mau naik atau berswah foto di atas jembatan silahkan, tapi jangan parkir kendaraan di atas Jembatan,” imbaunya.

Seperti diketahui, konstruksi keseluruhan bentang Jembatan sudah tersambung dengan panjang total konstruksi Jembatan Musi VI yaitu 925 meter, lebar 11,5 meter.

Jembatan ini mengakomodir lalu lintas dua lajur, dua arah dengan lebar 8,5 meter trotoar 2×1,5 meter kiri dan kanan dan tinggi tinggi clerance dari Sungai Musi 13 meter dan tinggi di atas jembatan 5,2 meter dengan kapasitas dilalui oleh kendaraan muatan sumbu 8 ton.

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait