Jokowi Targetkan Universitas Islam Internasional Selesai 2020

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA | Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan Universitas Islam Internasional selesai pada 2020 sebagai tempat kajian keislaman.

“Sebagai Proyek Strategis Nasional, pembangunan kampus ini diharapkan selesai Desember 2020,” demikian cuitan @jokowi dalam media sosial Twitter dikutip ANTARA pada Senin (2/12/2019).

Presiden berharap kampus tersebut akan menjadi tempat kajian dan penelitian peradaban Islam. Pemerintah membangun kampus di atas lahan seluas 142,5 hektare di Cimanggis, Depok, Jawa Barat dalam tiga tahap.

Pada tahap satu, pembangunan di antaranya mencakup gedung rektorat, gedung fakultas satu, dan kawasan tiga pilar. Tahap kedua, yaitu pembangunan lima unit rumah dosen, asrama mahasiswa, dan renovasi Gedung MEP (exs RRI), lalu tahap ketiga yakni pembangunan pagar keliling dan infrastruktur kawasan kampus tahap satu.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden pada Juni 2018. Total anggaran pembangunan universitas itu diperhitungkan sebesar Rp3,97 triliun.

Selain bangunan untuk kegiatan akademik, akan terdapat juga perpustakaan, pusat olah raga, hingga taman suaka religi, dan taman cagar alam.

Kampus ini akan memiliki tujuh fakultas, yaitu Fakultas Kajian Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Humaniora, Fakultas Ekonomi Islam, Fakultas Science dan Teknologi, Fakultas Pendidikan, serta Fakultas Arsitektur dan Seni. (*)

 

Teks: antara

Editor: ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *