Kemarau Melanda, Umat Islam Disunnahkan Shalat Istisqa

Swarnanews.co.id |Saat ini, musim kemarau berkepanjangan sedang melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Akibatnya, di beberapa daerah terancam kekeringan dan krisis air bersih.

Mengatasi hal itu, umat Islam disunnahkan untuk melakukan Shalat Istisqa atau shalat untuk meminta diturunkan hujan.

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Cholil Nafis mempersilakan umat Islam yang daerahnya kekurangan air karena musim kemarau untuk melakukan Shalat Istisqa. Menurutnya, Shalat Istisqa sudah dilakukan sejak masa Rasulullah.

“Kami mempersilahkan kepada daerah yang merasa kekurangan air karena kemarau untuk Shalat Istisqa,” ujar Cholil Nafis saat dihubungi wartawan, Selasa (19/9).

Namun, kata Cholil, ada beberapa pedoman yang harus diperhatikan sebelum melakukan Shalat Istisqa. Syarat untuk melakukan Shalat Istisqa harus diawali dengan pertaubatan terlebih dahulu. Kemudian shalat Istisqa dianjurkan untuk menghadirkan hewan ternak. “Membawa hewan diternak dianjurkan manakalanya kondisinya memungkinkan,” jelasnya.

Selanjutnya, Shalat Istisqa juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sederhana. Kemudian, saat melaksanakan Shalat Istisqa sebaiknya dilakukan di lahan terbuka seperti lapangan. Sunnahnya Shalat Istisqa tidak diselenggarakan di masjid atau di tempat elite. “Harus menampakkan diri butuh dan perlu. Maka dengan pakaian yang kurang baik di tempat atau ladang yang kering,” tutur Cholil.

Shalat Istisqa dilakukan dengan dua rakaat yang dilanjutkan dengan khutbah. Dalam khutbahnya nanti, khatib menerangkan tentang urgensi Shalat Istisqa itu sendiri. Kemudian juga menjelaskan kebutuhan manusia akan rahmat Allah SWT dan lalu khatib meminta hujan kepada Allah.

Sumber Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *