Kepala Desa Tebing Abang, Sambut Baik Bantuan Bibit Padi

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Banjir yang menengelamkan sebagian besar semaian padi para petani di bantaran Sungai Musi di Kecamatan Rantau Bayur Banyuasin. Membuat Gapoktan dan PPL Pertanian Kecamatan Rantau Bayur, Sabtu(08/8/20) mendatangkan bantuan benih padi baru.

Adapun bantuan benih padi tersebut diperuntukkan bagi luas lahan pertanian 7.497 hektar untuk 21 desa di Kecamtan Rantau Bayur. Bantuan tibas atas usulan Gapoktan masing-masing desa melalui ppl pasca banjir melanda.

Dengan melalui proses hampir 3 bulan, usulan bantuan benih padi tersebut akhirnya dikabulkan dinas pertanian Provinsi Sumsel, sebanyak 107.125 ton bibit Cilamaya dan 80.300 ton bibit Ciherang untuk 21 desa di Kecamatan Rantau batur Kabupaten Banyuasin.

Sariman, selaku Korlap Balai Penelitian Pertanian (BPP) Kecamatan Rantau bayur, dihubungi melalui handponenya mengatakan,
kalau bantuan tersebut baru tahap pertama untuk desa Tebing Abang. “Dan saya berharap hari Senian semuanya sudah terlealisasi ke seluruh desa,” terang dia.

Menangapi tentang kabar yang berkembang di masyarakat bahwa bantuan benih padi tersebut sudah terlambat, menginggat para petani di bantaran sungai musi Kecamatan Rantau bayur sudah 90persen menyelesaikan proses tanam.
Sariman menjelaskan, semenjak kejadian banjir beberapa bulan yang lalu pihaknya sudah meminta data kepada seluruh Gapoktan di Kecamatan Rantau Bayur untuk diusulkan. “Dan itu sudah kami lakukan. Jadi intinya keterlambatan ini bukan dari kami,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tebing Abang, Zainal Arifin menyambut baik bantuan benih tersebut.
“Saya harap benih ini bisa lebih bermanfaat untuk petani khususnya di desa Tebing Abang. Walau datangnya benih tidak tepat dengan keinginan masyarakat, namum kita harus berterimahkasih kepada semua instansi yang telah memperjuangkan ini,” ungkapnya.

Adapun mengenai keterlambatan datangnya benih, Dinas Pertanian Provinsi saat dihubungi mengenai hal ini, belum ada tanggapan. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait