Ketua TP PKK PALI Ajak Masyarakat Manfaat Pekarangan Rumah

SWARNANEWS.CO.ID, PALI| Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Hj Elly Ismiani mengajak masyarakat yang ada di Bumi Serepat Serasan, memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman sayuran atau buah-buahan yang dapat menopang perekonomian keluarga.

Hal itu diutarakan istri Penjabat Bupatinya Pali H Rosidin Hasan saat mengunjungi kebun anggur yang terletak di Desa Persiapan Jerambah Besi Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Senin (10/05/2021).

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk bisa menghasilkan uang. Salah satunya memanfaatkan pekarangan rumah, contoh tanaman anggur yang skala rumahan bisa kita tanam di depan rumah atau samping rumah. Selain dapat menjadi tanaman hias, juga buah anggur bisa dikonsumsi atau bahkan bisa dijual untuk tambahan pemasukan ekonomi keluarga,” ucap Hj Elly Ismiani.

Ditambahkan Ketua TP PKK PALI bahwa banyak cara dalam meningkatkan perekonomian keluarga kalau masyarakat mau.

“Jangan hanya terpaku pada hasil kebun karet. Luangkan waktu selepas pulang dari kebun karet untuk bercocok tanam. Hasilnya minimal kita konsumsi sendiri,” ajaknya.

Sementara itu, Arida, pemilik kebun anggur Desa Persiapan Jerambah Besi mengaku bahwa bukan hanya buah anggur yang bisa dijual, tetapi bibit juga daunnya bisa mengasilkan uang.

“Bibit anggur yang lebih menjanjikan, karena banyak yang mesan, bahkan pemesan harus rela menunggu setelah melihat buah anggur yang lebat. Mengembangkan tanaman anggur cukup mudah dan cocok di tanam di PALI. Pengalaman kami dalam satu batang, bisa menghasilkan 10 kg buah anggur, kita jual Rp 100 ribu per kg. Anggur di PALI tidak kenal musim dan bisa berbuah kapan pun,” terangnya.

Teks: Sangkut
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait