Kreasi Ditengah Pandemi, Amri Kasmat Sulap Limbah Kayu Peralatan Rumah Tangga

SWARNANEWS.CO.ID, PALI| Kondisi pandemi Covid 19 yang berimbas pada memburuknya perekonomian, memaksa masyarakat memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satunya dengan berkreasi, memanfaatkan limbah kayu.

Amri Kasmat (50), warga Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) telah beberapa bulan menekuni profesi barunya. Yaitu sebagai kerajinan limbah kayu. Dari kayu yang biasanya tak terpakai itu, ia menciptakan beragam perabot rumah tangga.

Sebelumnya, Amri merupakan pekebun karet. Namun hantaman wabah Covid 19, membuat harga getah semakin tak pasti. Ia pun banting setir. Berbekal beberapa peralatan seadanya dan jiwa seni yang mengalir, limbah kayu disulapnya pekakas bermanfaat.

“Saya lihat di sekeliling kita ada limbah kayu yang tidak terpakai. Saya pun terpanggil untuk berkreasi menjadi karya yang berguna dan tentunya laku dijual,” terangnya, Minggu (26/9/2021).

Setiap hari, Amri mengolah kayu menjadi beberapa produk pekakas rumah tangga, seperti lumpang (ulekan) kayu, serutan keripik, spatula, centong besar, dan lainnya.

“Saat ini, Alhamdulillah permintaan cukup tinggi. Kami menjual dengan cara mendatangi Kalangan di beberapa desa,” ujarnya bersemangat.

Selain itu, ia juga aktif berjualan melalui media sosial Facebook. Pembeli pun datang dari berbagai daerah, secara online. Omzet per hari bisa sampai ratusan ribu rupiah.

“Untuk harga lumpang kayu maupun serutan keripik kita jual for for Rp50 ribu per buah. Rata-rata produksi perhari hingga 5 buah lumpang,” imbuhnya.

Meski begitu, menurut Amri, kendala saat ini adalah peralatannya yang masih seadanya, serta sering mengalami kerusakan, karena telah lama. menghasilkan, dapat segera memenuhi pesanan pembeli.

“Mau ganti baru belum ada uangnya. Modal masih kecil. Mudah-mudahan ke depan ada pihak lain yang mau diajak kerjasama kemitraan, sehingga bisa menambah peralatan baru,” harapnya.

Berminat memesan perabot kayu yang unik dan menarik ala pengrajin ini? Hubungi saja ke nomor 082179807284. Atau pantau hasil melalui akun Facebook bernama Amri Ayub.

Teks:Sangkut
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait