Kurangi Risiko Mati Muda dengan Olahraga 30 Menit Setiap Hari

SWARNANEWS | Penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung merupakan penyebab paling umum seseorang mati muda sebelum berusia 40 tahun. Nah, studi terbaru dari Kanada menyebut risiko mati muda karena penyakit kardiovaskular bisa dihindari dengan melakukan olahraga minimal 30 menit per hari.

Scott Lear dari St Paul’s Hospital, Kanada, melakukan penelitian skala besar dengan melibatkan 130.000 partisipan dari 17 negara. Mereka dipantau status kesehatannya serta diminta melaporkan rutinitas olahraga harian.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal The Lancet menyebut semakin sering seseorang olahraga, semakin banyak faktor risiko mati muda yang terbuang. Salah satunya adalah kegemukan, penyumbatan pembuluh darah, dan gangguan irama jantung yang merupakan faktor risiko umum terjadinya serangan jantung dan stroke.

“Jalan kaki 30 menit sehari sudah dapat memberikan efek nyata bagi kesehatan Anda. Semakin tinggi aktivitas fisik yang dilakukan, risiko meninggal karena penyakit kardiovaskular sebelum berumur 40 tahun semakin rendah,” ungkap Lear, dikutip dari Reuters.

Rutin berobat dan banyak mengonsumsi buah dan sayur merupakan upaya tambahan untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Sayangnya, penduduk di negara miskin belum tentu bisa melakukan hal tersebut.

“Karena itu jalan kaki menjadi solusi. Jalan kaki gratis dan bisa dilakukan siapa saja, namun manfaatnya bagi kesehatan sangat besar dan tidak bisa diremehkan,” tuturnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut penyakit kardiovaskular membunuh 9,48 juta penduduk dunia pada tahun 2016. Penduduk usia produktif pun dianjurkan melakukan olahraga 150 menit per minggu.

 

Sumber Detikhealth

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait