Lapas Kelas IIA Banyuasin Wujudkan ZERO HIV/AIDS

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2020, Lapas Kelas IIA Banyuasin menggelar kegiatan penyuluhan, screening, dan Test HIV kepada 40 warga binaan pada Selasa (1/12/2020). Kegiatan digelar di aula dan dilaksanakan oleh tim klinik Lapas Banyuasin.

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin melalui petugas klinik Henny Purnamasari mengungkapkan, betapa pentingnya sceeening HIV/AIDS untuk warga binaan di Lapas. Sehingga harus terus dilaksanakan secara berkala.

“Kita melakukan Screening HIV/AIDS sangat penting dilakukan untk mendeteksi secara dini WBP yang berisiko memiliki penyakit tersebut sehingga dapat mencegah penyebaran penyakit HIV kepada orang lain,” jelasnya

Henny menambahkan, berbagai upaya terus dilakukan Lapas Banyuasin dalam menekan penularan virus HIV/AIDS agar warga binaan terlindung dari virus tersebut.

“Kita berupaya yang telah dilakukan Lapas Banyuasin melalui tim medisnya yaitu (STOP) suluh, temukan, obati dan pertahankan dan konseling penyakit menular, salah satunya HIV/AIDS. Selain itu Lapas jg berkerjasama dg dinkes setempat dalam penanggulangan penyakit menular,” tambahnya.

Lebih lanjut, Henny juga mengungkapkan saat ini Lapas Banyuasin berhasil menekan penyebaran virus HIV/AIDS. Karena jika ditemukan adanya indikasi seseorang terkena HIV maka orang tersebut akan segera diobati dan selalu dipantau selama masa pengobatan

“Kami semua Lapas Banyuasin melalui tim medisnya selalu melakukan screening terjadwal kepada WBP dengan melalui tahap wawancara (tanya jawab). Dan bila dicurigai berisiko HIV/AIDS, akan dilanjutkan dengan pemeriksaan rapid test HIV/AIDS,” tutupnya. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait