Laporan Dari New York, JK Sebut Pidato Trump di PBB Kental dengan Kepentingan AS

Swarnanews.co.id |Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada sidang umum PBB mengkritik keras Korea Utara (Korut), Iran, dan Venezuela. Indonesia menyebut pidato Trump itu kental dengan kepentingan AS.

“Ya seperti biasa, Presiden Trump itu berpidato dalam sudut pandang Amerika untuk Amerika. Ya sebenarnya kita harapkan sudut pandang dia untuk dunia,” kata Wapres Jusuf Kalla (JK) di sela-sela kunjungannya di New York, AS, Selasa (19/8/2017).

Menurut JK, pidato Trump itu menunjukkan untuk menegaskan kepentingan AS, meski disertai dengan ‘serangan’ kepada pimpinan Korea Utara Kim Jong Un yang disebutnya dengan istilah ‘rocket man‘.

“Jadi sangat Trump. Tentang spirit dunia untuk kepentingan Amerika. Tidak melihat dunia ini membutuhkan apa,” terangnya.

Menurutnya, pada sidang umum PBB ke-72 ini, para pemimpin dunia menunggu peranan AS terhadap dunia. Namun, Trump dalam pidatonya telah menegaskan sikapnya untuk melindungi kepentingannya sendiri dan istilahkan sebagai ‘American first’.

“Tapi bagaimana sudut pandang Amerika kepada dunia untuk kepentingan Amerika,” kata JK.

Sebelumya, Trump memberikan pidato mengejutkan di Pertemuan Tingkat PBB ke-72. Trump memberikan kritik keras terhadap Iran, Korut, dan Venezuela.

Trump mendapatkan giliran ke-3 dalam pidatonya di markas PBB, New York, Amerika Serikat (AS), Selasa (19/9/2017). Awalnya, Trump menyinggung kepemimpinan Kim Jong Un yang dianggap sebagai pimpinan otoriter.

“Jika banyak orang baik yang tidak menghadapi orang-orang jahat, maka kejahatan akan menang,” kata Trump.

Rocket man sedang dalam misi bunuh diri,” sambungnya.
Sumber Detikcom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait