Libur Weekend Bupati Dodi Reza Sambangi Warga, Serap Aspirasi Petani Sawit

SWARNANEWS.CO.ID, SUNGAI LILIN | Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA piawai memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Serasan Sekate.

Terbukti ia berhasil merealisasikan program peremajaan sawit rakyat (PSR) melalui mekanisme pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS); produktivitas sawit rakyat meningkat dengan usia cukup muda sudah panen.

Bupati Muba ini juga memikirkan sektor hilirisasi industri sawit, ia menginginkan petani memiliki pabrik pengolahan sawit sendiri.

Tak sampai disitu agar mobilisasi pengeluaran hasil panen lancar Ia juga mendorong perbaikan jalan produksi sawit rakyat serta bantuan sarana prasarana perkebunan sawit melalui mekanisme pendanaan yang sama dari BPDP-KS.

Hal ini diketahui saat Bupati Dodi menggelar silaturahmi dan menyerap aspirasi warga di Kecamatan Sungai Lilin, Sabtu (5/6/2021).

Direktur Keuangan, Umum, Kepatuhan dan Manajemen Resiko BPDPKS Zaid Burhan Ibrahim yang ikut hadir dalam silaturahmi tersebut mengungkapkan BPDP-KS tidak hanya bisa membantu dari peremajaan dan jalan, tapi juga membuka ruang yang bantuan berbentuk sarana dan prasarana.

“Semua desa bisa silahkan diajukan, kami punya dua skema, pertama bantuan dana yang langsung dikelola oleh kelompok tani, kedua dalam bentuk barang kami adakan kebutuhannya apa InshaAllah dananya kita siapkan, dan semua ini dalam rangka kita mendukung program-program Pak Bupati Muba untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dodi Reza Alex mengucapkan terima kasih atas informasi itu, karena mengingat luasnya wilayah dan keterbatasan anggaran Pemkab Muba kewalahan untuk memperbaiki jalan kebun kelapa sawit.

“Silahkan nanti kades, Dinas Perkebunan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan BPDP-KS, kita akan ajukan usulan tersebut sama seperti peremajaan sawit rakyat,” imbau Dodi.

Sebelumya Kepala Desa Berlian Makmur Sofian meminta bantuan pengerasan jalan kebun karena desanya juga ikut program replanting.

“Kami sangat mengharapkan bantuan pengerasan jalan untuk kelancaran keluarnya hasil kebun kami,” tandasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Muba, Asisten Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs H Yusuf Amilin, Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto, Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS, Kepala Dinas PUPR Muba Herman Mayori, Kepala PU Perkim Rismawati, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Plt Kepala Dinas Perkebunan Muba Ahmad Toyibir, Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan, dan para kepala desa dan tokoh masyarakat Kecamatan Sungai Lilin. (*)

Teks: rilis
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait