LKPJ PALI Tahun 2020 Banyak Mengalami Peningkatan

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Pembahasan Laporan Keterangan Pertangung Jawaban (LKPJ) Bupati Kabupaten PALI Tahun Anggaran 2020.

Rapat berlangsung di ruang Paripurna DPRD PALI, Komplek Pertamina Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Senin (26/04/21) Pukul 15.30 Wib.

Turut hadir Pj Bupati PALI Dr. H. Rosidin Hasan, M.Pdi, Ketua DPRD PALI H. Asri Ag, SH, Wakil I Irwan, ST, Wakil II M. Budi Hoiru, S. Pdi, Sekertaris Daerah (Sekda) Syahron Nazil, SH, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD.

Plt Sekertaris Dewan (Sekwan) Zulkenedi menyampaikan daftar hadir Anggota DPRD PALI.

“Daftar hadir Anggota DPRD PALI 25 hadir 15 orang forum tercapai,” ujarnya.

PJ Bupati PALI Dr. Rosidin Hasan, M.Pdi menyampaikan laporan hasil kerja tahun 2020, berikut laporan nya:

Pada Data Badan Statistik (DBS) Indek Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 mencapai 64, 70 poin meningkat sebesar 0,37 poin dari sebelumnya di mana tahun 2019 nilai IPM sebesar 60,33 poin pada tahun 2020 Kabupaten PALI merupakan dengan peningkatan nilai IPM tertinggi di Provinsi Sumsel.

Angka kemiskinan pada tahun 2020 sebesar 12,62 % turun sebesar 0,85% dari tahun sebelumnya di mana pada tahun 2019 angka kemiskinan Kabupaten PALI sebesar 13,47% pada tahun 2020 Kabupaten PALI merupakan Kabupaten penurunan angka kemiskinan tertinggi di Sumsel.

Angka pengangguran pada tahun 2020 sebesar 3,74% menurun sebesar 0,32% dari tahun sebelumnya di mana pada tahun sebelumnya angka pengangguran sebesar 4,06%.

Laju pertumbuhan Ekonomi pada tahun 2020 sebesar 0,28% angka ini mengalami penurunan di banding pada tahun sebelumnya di mana pada tahun 2016 laju pertumbuhan Ekonomi sebesar 6,16% hal ini di akibatkan oleh terjadinya perlambatan aktivitas Ekonomi sebagai dampak Coronavirus Disease 19 (Covid-19) akan tetapi angka ini laju pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten PALI tahun 2020 masi berada di atas rata-rata laju pertumbuhan Ekonomi Sumsel berkontraksi sebesar -0,11%.

Erasiojini data terakhir pada tahun 2019 sebesar 0,32% walaupun angka mengalami peningkatan sebesar 0,23% dari angka pada tahun 2019 yakni 0,298% akan tetapi masi dalam kategori baik dan di bawah provinsi Sumsel dengan Erasiojini sebesar 0,331% .

Pada tahun 2020 meningkat, Angka kemiskinan tahun 2020 turun, Angka Pengangguran turun, laju Perekonomian menurun akibat dampak Covid-19,

Bupati meminta tanggapan dan saran dari DPRD PALI atas penyampaian LKPJ ini, serta akan di jadikan sebagai bahan Evaluasi di masa akan datang.

“Kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh OPD jika nanti di mintai keterangan berikan saja sebagai mana mestinya sehingga LKPJ yang kita serahkan ke Gubernur yaitu LKPJ yang sudah maksimal, karna tidak hanya di sampaikan oleh Eksekutif saja namun juga ada kajian Legislatif sehinga menjadi sempurna,” jelas PJ Bupati PALI.

Ia juga meminta maaf karena LKPJ baru di sampaikan hari ini ,yang harus nya di sampaikan beberapa waktu lalu tetapi ada unsur yang memang harus di lakukan.

“LKPJ tertunda karena Kabupaten PALI melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten PALI yang baru saja kita gelar,” ungkapnya.

Ketua DPRD PALI LKPJ ini merupakan suatu Barometer untuk menilai Kinerja Pemerintah Kabupaten PALI selama satu tahun.

“Oleh karena itu kami dalam rangka untuk melakukan pengkajian penilaian dan sekaligus nanti mengecek yang telah di laksanakan sesuai apa tidak dengan APBD tahun 2020,” tandasnya.

DPRD PALI telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang akan bekerja mengundang OPD mengundang unit kerja terkait.

“Bila di perlukan kami dan seluruh Pansus yang ada nanti akan mengecek langsung ke lokasi yang menjadi objek pembahasan,” pungkas Ketua DPRD PALI.

Teks : Sangkut
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait