Lomba Kampung Hias Jadikan Palembang Kota Tercantik

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Menjawab tantangan dari Presiden Jokowi yang katanya promosi Asian Games Agustus 2018 di Jakarta-Palembang mendatang tidak begitu gencar, sekumpulan pemuda berinisiasi membentuk tim guna membantu mempromosikan dan memviralkan Asian Games 2018.

Sekumpulan pemuda ini tergabung dalam satu komunitas yaitu Youth Care Asian Games mulai bekerja dengan mengelar lomba kampung hias dalam memperkenalkan Event olahraga terbesar se Asia ke masyarakat Sumsel.

Perlombaan dimulai sejak tanggal 4 Mei 2018 ditandai dengan Launching dan pengecatan pertama oleh Bapak Gubernur H. Alex Noerdin dan Bapak Walikota H. Akhmad Najib di Lorong Sirah Kampung Kelurahan Plaju Ilir Kecamatan Plaju. Dan perlombaan ditutup sebelum penilaian yaitu tanggal 7 Juni 2018.

Kegiatan lomba Menghias Kampung ini diikuti oleh 18 kecamatan yang ada di kota Palembang yang terdiri dari empat kampung dalam satu kecamatan.

Mengapa kampung yang diikut sertakan dalam lomba ini hanya 4 kampung dalam 1 kecamatan?. Karena dengan jumlah minimal 4 kampung dalam 18 kecamatan sama dengan 72 kampung yang ikut serta sudah bisa diaggap mempresentasikan 70% minimal keterlibatan masyarakat se kota Palembang, sehingga memudahkan dalam proses hal control dan penilaiannya.

Setelah melewati penilaian akhirnya, Kampung Cempaka Dalam Gang Masjid RT 18 Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil berhasil menjadi juara pertama lomba Kampung Hias Asian Games 2018 dengan menyingkirkan 71 kampung lainnya.

Adapun data pemenang lomba kampung hias Asian Games 2018 sebagai berikut, juara harapan 2 Kampung Jalan Talang Gading RT 6 dan 7 Kelurahan Kalidoni Kecamatan Kalidoni dengan total skor 231. Juara harapan 1 Lorong Dimas Kampung Iklim RT 3 RW 1 Kelurahan Srimulia Kecamatan Sematang Borang dengan total skor 234.

Kemudian juara ketiga Kampung Jalan Taman Sari RT 2 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar dengan total skor 243. Juara kedua Lorong Mari RT 2 RW 1 Kelurahan Talang Bubuk Kecamatan Plaju dengan total skor 267. Lalu untum juara pertama Jatuh kepada Kampung Jalan Cempaka Dalam Gang Masjid RT 18 Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil dengan total skor 287.

Secara Simbolis, Penjabat Sementara (PJs) Walikota Palembang, Akhmad Najib didampingi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, Ketua Youth Care Asian Games, Fogi Chandra Permana Putra, Ketua Pelaksana kegiatan lomba, Kerrick Herlianto dan tim juri memberikan hadiah kepada para pemenang lomba Kampung Hias Asian Games 2018 di Istana Gubernur Sumsel Griya Agung, Selasa (12/6/2018).

Pria yang akrab disapa Najib ini mengungkapkan, total pesertanya ada 72 kampung dari 18 kecamatan se-Kota Palembang. Di mana masing-masing ada sekitar empat kampung dari satu kecamatan yang mengikuti lomba Kampung Hias Asian Games 2018 ini.

Menurut Najib, ada beberapa hal yang menjadi penilaian dalam lomba ini seperti kreativitas, kerapian dan antusias warga itu sendiri. Sementara untuk kategori juaranya sendiri yang diambil yakni juara 1-3 dan favaorit 1-2. “Hadiah untuk juara favorit mendapatkan kambing. Sementara untuk juara pertama dapat tiga ekor sapu, juara kedua dapat dua ekor sapi dan juara ketiga dapat satu ekor sapi,” jelas Najib.

Najib menjelaskan, lomba ini sendiri dimulai sejak tanggal 4 Mei sampai 7 Juni 2018 dan penilainnya dari tanggal 7-12 Juni 2018. “Jurinya ada dari Kabag Pembangunan Zuryati, Disbudpar Provinsi Sumsel dan Wakil Ketua Youth Care M Wira Jaya Kesuma,” ujarnya.

Senada, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menambahkan, dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya akan dapat lebih menjadikan Kota Palembang lebih dilirik oleh wisatawan baik dalam hingga mancanegara. “Kedepan kita berencana menjadikan Palembang sebagai Kota Tercantik di Indonesia. Mari sama-sama kita bangun Kota Palembang dan sukseskan Asian Games 2018 serta Pilkada serentak 2018,” singkatnya.

Teks : Ridho
Editor ; Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *