Mahasiswa UPI Kampus Cibiru Melakukan Kegiatan Pelatihan Guru untuk Persiapan Program Keterlibatan Orangtua di PAUD

Oleh : Ridha Suci Dean Putri
(Mahasiswa PGPAUD di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)

 

SWARNANEWS.CO.ID | Keluarga adalah sekolah pertama anak yang merupakan lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang, tetapi masih ada masalah yang jadi dilapangan yaitu orangtua menyerahkan tugas mengajar dan mendidik anak sepenuhnya kepada guru disebabkan dengan faktor kedua orangtua bekerja maka inilah yang menyebabkan rendahnya perlibatan orangtua di PAUD yang ada di Indonesia.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh HO (Patel &Corter, 2013 dalam Oktavianingsih, E. 2018) ) menyatakan bahwa sudah menjadi budaya asia , orangtua dan guru secara umum bekerja secara kontributor independen bukan kerjasama untuk pendidikan anak usia dini dan hasilnya, orangtua tidak perlu melakukan kontak dengan sekolah atau menghadiri kegiatan khusus disekolah. padahal, keterlibatan orangtua di PAUD sangat penting sebab tanpa adanya keterlibatan orangtua sebagai keluarga anak di sekolah dapat membuat intervensi program pendidikan anak usia dini melemah seperti yang dinyatakan oleh Bronfrenbrenner (Amini, 2015 dalam Oktavianingsih, E . 2018).

Apalagi sejak adanya virus covid-19 yang telah menyebar keseluruh belahan dunia, termasuk Indonesia yang membuat terubahnya berbagai aspek kehidupan. Salah satunya aspek dibidang Pendidikan, kegiatan pembelajaran tatap muka diubah menjadi kegiatan pembelajaran jarak jauh membuat perlibatan orangtua di PAUD lebih sulit dilaksanakan sebab waktu ada hambatan seperti perbedaan waktu jam kerja antara guru dan orangtua murid.

Keterlibatan orangtua dalam pendidikan sangat diperlukan terlebih lagi pada jenjang PAUD / jenjang sebelum sekolah dasar yang dimana anak masih baru memulai pembentukan karakter melalui perkembangan aspek moral dan agama, sosial dan emosional. ( Mansur 2005 dalam Diadha,R. 2015). Adapun manfaat keterlibatan orangtua dalam pendidikan yaitu dapat bekerjasama dan membangun hubungan baik antara orangtua dan guru sehingga tercapainya aspek perkembangannya.

Contohnya nyatanya, jika orangtua sedang memberlakukan toilet training kepada anaknya , maka orangtua harus memberitahu kepada guru terkait berlakunya masa toilet training kepada anak agar anak tidak merasakan perbedaan antara perlakuan dirumah dan disekolah. Maka dari itu sangat diperlukan, perlibatan orangtua di Lembaga PAUD.

Adapun program yang biasa dilakukan untuk perlibatan orangtua yaitu, education parenting (pendidikan orangtua seputar informasi mengenai Kesehatan, gizi, dan tips mendidik anak), home visit (kunjungan kerumah anak yang dilakukan oleh guru ), volunteering (sukarelawan), rapat pertemuan orangtua untuk mengambil keputusan, dan masih banyak lagi. (dalam Diadha,.R (2015).

Melihat kondisi inilah , UPI sebagai perguruan tinggi yang kental akan dengan” Pendidikan” dan sebagai jalan mewujudkan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia sedang menyelenggaran kegiatan KKN tematik dengan tema “ Membangun desa melalui bidang Pendidikan dan ekonomi dalam implementasi MBKM pada masa pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM tahun 2021)” yang dilakukan pada tanggal 1-30 juli 2021 lalu dilaksanakan secara online dan individual sesuai dengan alamat domisili mahasiswa.

Ridha suci dean putri, salah satu mahasiswi UPI cibiru yang sedang melakukan kegiatan KKN tematik bidang Pendidikan di tempat kampung halamannya yaitu kota Palembang. Adapun kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dalam adalah mengikuti sosialisasi dan pembekalan KKN, Menyusun perencanaan program, melaksanakan program seperti membantu administrasi disekolah, pendampingan pada guru dan siswa dalam pembelajaran, kegiatan parenting education kepada orangtua seperti membuat media konten edukasi yang dapat disebarkan kepada orangtua siswa, dan terakhir adalah melaporkan hasil kegiatan program KKN.

Dalam pelaksanaan KKN ini, TK Telkom 2 Palembang sangat menyambut baik program KKN tematik UPI 2021 ini saat pertemuan secara daring yang dilakukan mahasiswa, dosen pembimbing lapangan , dan kepala sekolah TK Telkom 2 Palembang melalui via google meet dalam rangka membahas administrasi lanjutan penyerahan mahasiswa yang mengikuti KKN.

Melihat kondisi beberapa guru yang belum bisa membuat link room google meet maka dilakukan pelatihan untuk beberapa guru dan kepala sekolah TK Telkom 2 Palembang yang dilakukan secara luring dan terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat seperti jaga jarak, dan memakai masker, baik mahasiswa dan pihak sekolah sudah divaksin sebagai upaya pencegahan covid, lalu mahasiswa juga membuat vidio tutorial membuat link room google meet dan cara merekamannya lalu dibagikan kepada guru dan kepala sekolah melalui via whatsAPP.

Program ini dilakukan untuk merencanakan program pertemuan orangtua secara daring via google meet untuk persiapan program perlibatan orangtua di PAUD spserti forum diskusi bersama orangtua dan pihak sekolah/ selain itu mahasiswa juga telah ditambahkan di grup orang tua murid via WhatsAPP untuk membagikan beberapa konten edukasi parenting berupa poster dan kunjungan kerumah murid/ mengenal lebih dekat anak didik dan keluarganya (dilakukan secara daring melalui Q&A via WhatAPP dan video call). Diharapkan persiapan kegiatan program perlibatan orangtua yang disudah dilakukan oleh mahasiswa dapat terselenggara secara lancar.

Referensi:
Diadha,Rahminur. (2015). Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini di Taman kanak -kanak. Edusentris, Jurnal Ilmu pendidikan dan pengajaran, Vol .2 no.1, maret 2015.
Oktavianingsih, Eka. (2018). Pengembangan program perlibatan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Universitas Ahmad Dahlan, Journal of early childhood care & education,. vol .1 no 2 , October 2018. ISSN: 2615-1413.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait