Masjid Al-Mustanir Dibangun 4 Lantai

Siapa yang membangun masjid karena Allah, niscaya Allah SWT akan membangunkan untuknya Istana di Syurga (HR Bukhari)

 

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Masjid Al Mustanir yang berada di bawah Yayasan Daar El Mustanir Palembang, saat ini sedang menyelesaikan pembangunan Masjid Al Mustanir yang berlokasi di Jakabaring. Tepatnya di seberang Rumah Sakit (RS) Hermina Palembang.

Mahmud Jamhur, Pengurus Masjid Al Mustanir Palembang melalui pesan WA menyatakan, Masjid Al Mustanir sebelumnya adalah masjid kecil yang berukuran 7×10 meter. Namun seiring dengan pesatnya pembangunan perumahan dan sejumlah unit bisnis di Jakabaring Palembang, setiap Hari Jumat, jumlah jamaahnya semakin membludak hingga ke halaman masjid.

“Atas dasar itu, pengurus berinisiatif untuk menggantinya dengan membangun masjid yang baru dengan ukuran yang lebih besar, harapannya bisa menampung jamaah yang lebih banyak, sebab di dekat lokasi itu juga tidak ada masjid,” ujarnya.

Menurutnya, melihat pesatnya perkembangan di daerah itu, perluasan masjid menjadi hal penting. Sebab di kawasan itu, jumlah penduduk kian bertambah, lokasinya strategis berada di pinggir jalan utama Jakabaring, ditambah lagi ada rumah sakit, mall, hotel, pertokoan, sekolah dan perumahan penduduk. “Sementara Masjid terdekat dari lokasi ini jaraknya 1 km ke dalam komplek Perumahan OPI dan 2 KM ke Masjid Raya Ceng Ho. Melihat itu, masjid ini kemudian diperluas,” tegasnya.

Namun, menurut Mahmud Jamhur karena lahan yang sempit, tim panita membuat rancangan masjid berukuran 11 x 16 meter terdiri dari 4 lantai. Rincian rencana peruntukannya, lantai 1 untuk parkiran, lantai 2 tempat shalat laki-laki, lantai 3 tempat shalat perempuan, dan lantai 4 untuk ruang serbaguna.

“Diharapkan ke depan masjid ini dapat menampung jamaah 600 jamaah dan pada kondisi ekstra seperti shalat idul fitri atau tabligh akbar, bisa menampung hingga 1.000 jamaah,” harapnya.

Hingga saat ini, progress pembangunan sudah berjalan 50 % yang sudah dimulai sejak Februari tahun lalu (2020). “Saat ini pekerjaan yang penting dan mendesak adalah penyelesaian atap atau dak dan kubah di lantai 4. Lalu selanjutnya adalah finishing secara keseluruhan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mahmud menyebutkan dari rencana anggaran sebesar Rp 3,2 miliar, saat ini sudah terkumpul dana Rp. 1,2 miliar dan sudah habis terpakai. Saat ini, saldo dana tersisa Rp 10 jt, sehingga terkendala melanjutkan pembangunan.

“Untuk itu kami mengajak kaum muslimin dan muslimat, donatur dan jemaah untuk ikut berpartisipasi dalam penyelesaian pembangunan Masjid Al Mustanir ini. Partisipasi bisa berupa dana wakaf, infaq tunai, atau juga bisa berupa bahan atau material,” harapnya.

Panitia Masjid Al-Mustanir dan jajaran Pengurus menyampaikan terimakasih kepada kaum muslimin dan muslimat atas perhatian dan kesediaannya membantu proses pembangunan Masjid Al Mustanir.

“Semoga Allah membangunkan Rumah Istana untuk kaum muslin dan msulimat, di Syurga kelak, Aamiin Yaa Robbal Alamiin,” ujarnya, dengan mengutip salah satu hadits nabi. (ril)

DONASI MASJID AL MUSTANIR dapat Ditransfer melalui
1. BNI Syariah Nomor Rekening : 0999 88 7073 an Yayasan Daar El Mustanir.

Konfirmasi setelah transfer ke WA :
– 0813 7830 6250 (Mahmud Jamhur, Pembina Yayasan)
– 0853 7707 8429 (Ust Syahrul Mustain, Ketua Yayasan)

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait