Masyarakat Kelurahan Harus Aktif dan Bijak Gunakan Medsos, untuk Pelayanan Publik di Masa Pandemik

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Tim Dosen Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri), mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Bukit Sangkal Palembang.

Kegiatan ini mengusung tema “Integrasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pelayanan Publik Untuk Merespon Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Bukit Sangkal”, dilakukan di Balai kantor Lurah Bukit Sangkal Kecamatan Kalidoni Palembang, Selasa (8/12/2020). Pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh lebih kurang 30 peserta. Para peserta tersebut merupakan tokoh-tokoh masyarakat di Kelurahan Kalidoni.

Penyampaian materi pengabdian masyarakat Skema Aplikasi IPTEK dan Pengembangan Seni Budaya lokal diawali oleh, Anang Dwi Santoso, S.AP., MPA., Dalam penyampaian materi, Anang mengatakan, sektor publik saat ini sedang diuji oleh pandemic COVID-19, hal ini menggoncang strategi dan berbagai macam rutinitas dan aktivitas yang dilakukannya dalam memberikan pelayanan publik. Untuk itu masalah yang bergejolak membutuhkan kolaborasi lintas batas, inovasi publik, dan, mungkin yang paling penting, pengembangan strategi tata kelola yang kuat yang memfasilitasi dan mendukung penyesuaian adaptif dan fleksibel.

Untuk itu dengan kondisi saat ini Anang mengajak masyarakat dan aparat Kelurahan Bukit Sangkal, untuk berinovasi menggunakan media sosial untuk menyampaikan layanan mereka secara online. Menurutnya media sosial dengan berbagai macam karakteristik dan fungsinya, dapat digunakan untuk berkomunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat. Berbagai macam pelayanan publik juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial.

Materi kedua disampaikan oleh Annada Nasyaya, S.IP., M.Si, selaku Dosen di Universitas Sriwijaya dengan mengangkat topik menangkal hoax, bagaimana cara cerdas kreatif dan produktif menggunakan media sosial. Annada berpesan, masyarakat harus menggunakan sosial media dengan bijak, jangan termakan hoax serta jangan menyebarkan hoax. Karena hoax dapat mengakibatkan keresahan yang berujung masalah di lingkungan masyarakat.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Dosen FISIP Unsri Junaidi, S,IP., M.Si, Dr. Nengyanti, M. Hum, Sekretaris Kelurahan Kalidoni, Aprizan dan perangkat lurah lainnya. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, pemberian hadiah kepada peserta yang aktif serta pemberian cinderamata kepada kelurahan Kalidoni. Harapannya dengan adanya pelaksanaan pengabdian masyarakat sebagai elemen Tri Darma Perguruan Tinggi, masyarakat Kelurahan Kalidoni dapat menggunakan dan mampraktekan ilmu yang telah disampaikan. Sehingga masyarakat dapat bijak dalam menggunakan sosial media serta dapat menggunakan teknologi untuk pelayanan kepada masyarakat. (*)

Teks: rilis
Editor: maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait