Meminimalisir Angka Kecelakaan, Petugas Periksa Kelayakan AKAP dan AKDP

SWARNANEWS.CO.ID,PAGARALAM – Untuk meminimalisir angka kecelakaan menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pagaralam mulai melakukan operasi pemeriksaan kendaraan terhadap BUS Antar Kota Dalam Provinsi dan Antar Kota Antar Provinsi yang ada di Kota Pagaralam.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Novi Hendri melalui Kabid Pengendalian Oprsioanal Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dalops LLAJ) Dishub Kota Pagaralam Achmad Shalahudin mengatakan, bahwa giat ini merupakan tindaklanjut dari rapat lintas sektoral yang dilaksanakan di Mapolres Kota Pagaralam pra Ops Lilin Musi 2020.

“Tujuanya adalah untuk memastikan bahwa AKAP dan AKDP yang ada di Kota Pagar Alam saat ini laiak atau tidak dalam beroperasi terlebih lagi pada saat libur Nataru nanti,”ucapnya, Jumat (18/12/2020).

Lanjut Achmad, pemeriksaan tersebut meliputi perlengkapan dan kelengkapan kendaraan, mulai dari rem, ban, dan berbagai macam kelengkapan lainnya, termasuk trayek dan kelengkapan surat-surat serta pengecekan terhadap kondisi kesehatan para pengemudi.

“Terlebih ditengah pandemi saat ini, kesehatan pengemudi juga harus diprioritaskan,”tuturnya.

Sementara Sebelumnya, Kapolres Kota Pagaralam AKBP Dolly Gumara menegaskan agar Satlantas melakukan tindakan langsung (Tilang) dan tindakan hukum dengan sasaran yang bisa membahayakan penumpang dan masyarkat.

Selanjutnya, Kata Kapolres, sebagaimana sudah menjadi komitmen bersama, dalam pelaksanaan natal dan tahun baru ini jangan sampai terjadi kecelakaan lalu lintas. Hendaknya kejadian atau kecelakaan lalu lintas terbesar pada tahun 2019 lalu yang dialami oleh Bus Sriwijaya menjadi pemula yang efesien dan efektif agar hal itu tidak terjadi lagi.

“Karena tidak dipungkiri arus kendaraan pada momen Nataru nanti akan pada yang tidak hanya menyebabkan kemacetan namun juga rawan lakalantas,”pungkasnya.

Teks : Reri Alfian

Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait