Mengasah Kemampuan Kodim 0430/BA Melaksanakan Latihan Teritorial dan Intel

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Untuk meningkatkan kemampuan prajurit, bertempat di Aula Makodim 0430/BA Jln. Lingkar Sekojo Kel. Mulya Agung Kecamatan Banyuasin III Banyuasin. Kodim 0430/BA melaksanakan kegiatan latihan perorangan dasar Teritorial dan Intel yang di buka langsung Komandan Kodim 0430/BA Letkol Arm Farid Hidayat, Kamis (21/01/2021).

Dalam sambutannya Dandim 0430/BA Letkol Arm Farid Hidayat menggatakan, prajurit dituntut profesional dalam menguasai dan mahir melaksanakan tugas. Sesuai dengan tingkat kecakapan sesuai Bujuk BPUP. (Buku Pedoman umum prajurit).

Latihan Perorangan Dasar merupakan upaya satuan untuk memelihara dan meningkatkan profesionalitas prajurit dalam penguasaan serta keterampilannya pada jabatan masing-masing yang diemban. Hal ini agar memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial baik secara perorangan maupun dalam hubungan kelompok.

Dandim 0430/BA Letkol Farid Hidayat mengharapkan, kepada semua prajurit harus menguasai dan memahami 5 kemampuan teritorial, sikap teritorial, intelejen teritorial, pembinaan perlawanan rakyat sesuai dengan BPUP 1 s.d BPUP 7 (Buku Pedoman Umum Prajurit). Agar dalam pelaksanaan tugas sehari hari tidak menyimpang dari landasan hukum yang telah ditentukan oleh komando atas.

Kesiapan aparat kewilayahan akan terwujud dengan kegiatan belajar dan berlatih secara teratur dan terukur yang dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut. Agar pelaksanakan latihan ini mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan oleh komando atas.

Pasiopsdim 0430/BA, Lettu Pringgo Budi. S, selaku penanggung jawab mengatakan, Latihan Perorangan Dasar tujuan diselenggarakannya adalah, untuk melatih tingkat keterampilan perorangan seluruh personel Makodim 0430/BA. Dengan harapan para personil tersebut mampu melaksanakan seluruh tugas dan tanggungjawab sesuai dengan tingkat kecakapan yang diembannya.

Dikatakan bahwa, ini diperlukan latihan secara maksimal, bertahap, bertingkat dan berlanjut. Di awali dengan latihan perorangan sampai latihan satuan untuk mencegah terjadinya kesalah-pahaman, dalam pengaplikasian prosedur dan teknik sesuai tugas dan tanggung jawab yang diemban prajurit.

Dengan tidak melanggar di masa pandemi Covid-19, latihan perorangan dilakukan sesuai standar protokol kesehatan. Latihan perorangan dasar kodim 0430/Banyuasin TA.2021 akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut. Mulai tanggal 21 hingga 22 Januari 2021. Seharusnya latihan ini dilaksanakan 3 minggu di bulan Januari 1 minggu (minggu III) dan awal bulan febuari 2021 (minggu I dan II). (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait