Menikmati Indahnya Wisata Alam dan Oleh-oleh Khas Bumi Silampari

SWARNANEWS.CO.ID, LUBUK LINGGAU | Oleh-oleh khas dan kehadiran destinasi wisata, seringkali dijadikan ciri khas suatu daerah. Tujuannya, untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah berupa makanan, kesenian, adat istiadat, religi, budaya daerahnya.

Ada beberapa ragam makanan olahan dan buah-buahan khas suatu daerah. Inilah yang ditampilkan Kabupaten Bumi Silampari, Lubuk Linggau.

Adapun buah-buahan dan makanan yang sering dijadikan oleh-oleh tersebut di antaranya :

Buah Pokat
Pohon buah pokat tumbu subur di daerah Kabupaten Lubuk Linggau. Hasil tanaman buah pokat daerah ini, termasuk kualitas terbaik dari daerah penghasil pokat lainnya. Buahnya berdaging tebal dan pulen, gurih dan enak rasanya, sering disebut buah pokat mentega. Buah ini dapat dijadikan rekomendasi oleh-oleh jika berkunjung ke kabupaten ini.

Buah Durian
Daerah penyuplai buah durian di Sumatera Selatan ada banyak daerah. Seperti Lahat, Pali, Pagar Alam, Banyuasin dan daerah lainnya. Dan, Bumi Silampari termasuk salah satu penghasil buah durian terbesar. Dan berbagai panganan dapat dibuat dari olahan buah durian untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan daerah dan wisatawan pelancong lokal.

Lemang
Lemang panganan terbuat dari ketan yang dimasak bersama santan. Dibakar dalam ruas-ruas bambu, merupakan panganan khas daerah Lubuk Linggau. Panganan ini juga menjadi salah satu rekomendasi makanan olahan sebagai buah tangan oleh-oleh para pengunjung dan pelancong dalam luar daerah.

Dodol Duren
Selain daerah penghasil terbesar dodol daerah di Garut, Jawa barat, Lubuk Linggau juga mempunyai oleh-oleh khas berupa dodol durian yang manis gurih, dengan aroma durian yang menggoda, dan juga tahan lama, patut menjadi oleh-oleh keluarga apabila berkunjung ke Lubuk Linggau.

Tempoyak
Terbuat dari buah durian yang difermentasi sehingga menghasilkan aroma khas tempoyak. Dapat dijadikan bahan pelengkap pindang, pepes ikan, dan pelengkap sambal untuk lauk makan di Lubuk Linggau. Tempoyak, salah satu makanan olahan buah duren khas Bumi Silampari.

Olahan Kopi Durian
Lubuk Linggau, salah satu daerah penghasil olahan kopi durian. Apabila wisatawan berkunjung ke Lubuk Linggau, jangan lupa mencari oleh-oleh olahan kopi ini. Mereka penyuka kopi pasti tidak akan melewatkan sensasi minum kopi durian.

Gula batok produksi Lubuk Linggau.
Gula Merah (Gula Batok)
Gula yang diolah dari pohon Enau, Kelapa, yang disuling atau disadab airnya untuk dijadikan gula merah, dengan cara di masak dalam wajan. Gula ini seringkali dijadikan bahan pembuat cuko pempek. Karena rasa gulanya yang manis, legit. Gula batok banyak dijumpai di Bumi Silampari.

Dari Wisata Alam hingga Masjid
Selain panganan, Bumi Silampari juga mempunyai destinasi wisata di Lubuk Linggau. Wisata Bumi Silampari juga menjadi salah satu rekomendasi para wisatawan daerah, luar daerah, dan wisatawan mancanegara. Tempat wisata alam di antaranya :

Watervang
Bendungan dari zaman Belanda dan air terjun ini merupakan air terjun alami yang merupakan kebanggaan masyarakat Lubuk Linggau Bumi Silampari. Tempat ini terbentuk secara alami. Apabila mampir (ngelong: bahasa daerah Linggau), jangan lupa ke Watervang, yang sudah ada sejak 1940. Sedangkan Air Terjun Tamam, juga merupakan destinasi peninggalan Belanda 1920, berjarak lebih kurang 11 Km dari pusat Kota Lubuk Linggau.

Taman Nasional Bukit Sulap
Destinasi wisata perbukitan berhawa sejuk dan indah dipandang mata, bukit-bukit yang terbentang sepanjang mata memandang menambah pesona indah Taman Nasional Bukit Sulap. Disebut Bukit Sulap karena di pagi hari bukit-bukit itu tidak kelihatan, ditutupi awan. Sementara jarak dari pusat kota 9.4 Km, makanya wilayah inj dapat menjadi tujuan wisata di Bumi Silampari.

Musium Subkos Garuda Sriwijaya Air Terjun

Destinasi wisata ini menawarkan wisata sejarah berpadu dengan wisata alam. Pemandangan indah air terjun bakal disukai pengunjung. Wisatawan yang datang ke objek wisata ini, akan memperoleh pengalaman berupa sejarah dan wisata alam yang alami.

Masjid An’ Nasir Sohe
Masjid As Salam dan Masjid An. Nasir Sohe.

Masjid As Salam yang direnovasi tahun 2015 oleh Wali Kota Prana Sohe, menjadi salah satu destinasi wisata religi. Dilengkapi dengan menara kembar, serta lampu-lampu hias. Pun hadir menambah keindahan, air mancur yang selalu mengalir. Ada lagi Masjid An’ Nasir Sohe merupakan masjid yang dibangun dan diresmikan oleh Wali Kota H. SN.Prana Putra Sohe, pada 12 Februari 2021. Ini juga menjadi destinasi wisata religi yang dapat dikunjungi.

Wisata Arung Jeram
Bagi wisatawan yang suka menaikkan adrenalin dengan berarung jeram, di Bumi Silampari terdapat wahana arung jeram. Air sungainya berarus cukup deras, plus sajian keindahan alam yang bisa memuaskan para pencinta arung jeram.

Berwisata di Bumi Silampari terasa lengkap dengan adanya destinasi wisata alam, Sejarah, Budaya, Religi, Bahari. Para pelancong yang ingin berkunjung ke Bumi Silampari, sangat direkomendasikan. Karena selain indah, pengunjung akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Dengan banyaknya tempat-tempat wisata, penginapan dan hotel-hotel berkelas, yang akan siap menyambut kedatangan pelancong dari seluruh daerah baik lokal nasional maupun luar negeri. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait