Meski Rekapitulasi KPU OI Tuntas, Saksi Paslon 02 Tetap Tidak Tanda Tangan

SWARNANEWS.CO.ID, OGAN ILIR  |Rekapitulasi perolehan suara Pilkada Kabupaten Ogan Ilir tuntas dilaksanakan. Namun, seperti yang terjadi ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 16 Kecamatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) saksi paslon 02 HM Ilyas Panji Alam-H Endang Putra Utama Ishak tidak bersedia menandatangani berita acara hasil rekapitulasi surat suaranya.

Kejadian serupa terjadi pada hasil rapat pleno rekapitulasi  surat suara tingkat Kabupaten OI, yang digelar KPU OI, Selasa  (15/12) dimulai pukul 10.00 Wib dan berakhir  pukul 17.53 Wib atau menjelang maghrib.

Dua saksi Paslon 02  Andre dan Munsi juga tidak bersedia menandatangani berita acara hasil  pleno rekapitulasi surat suara.

“Kalau hasil perolehan suara tidak ada masalah, semua sudah klir dan paslon HM Ilyas Panji Alam sudah mengakui, tapi yang kami berkeberatan mengenai tidak diberikannya surat keberatan berupa model C , mulai dari tingkat TPS kepada saksi, blanko keberatan itu memang tidak ada,  makanya kami tidak mau menandatangani hasil rekap tersebut,”kata Andre saksi Paslon 02 ketika dimintai keterangannya.

Sementara Ketua KPU OI Dra Massuryati mengatakan, dengan tidak ditandatanginya hasil rekapitulasi oleh saksi Paslon 02, tidak ada masalah,” Sesuai dengan PKPU no 19 tidak ada masalah, sah-sah saja bila ada saksi palson tidak mau menandatangani, sebenarkan blanko keberatan itu ada, asal saksi memintanya kepada petugas PPS, PPK”katanya.

Massuryati juga menegaskan,  dengan tidak menandatangi berita acara oleh saksi palson 02 tidak bakal mempengaruhi penetapan pasangan calon terpilih atas perolehan suara terbanyak dari hasil rekapitulasi.

”Untuk penetapan pasangan calon sebagai Bupati dan wakil Bupati, kita masih harus menunggu dari Laman KPU, apakah ada gugatan paslon  yang terdaftar di Mahkamah Konstitusi (MK), jadi kami masih harus menunggu register dari MK,”jelas Massuryati yang didampingi Dua anggota Komisioner KPU Rusdi dan Roby Ardiansyah.

Massuryati juga mengatakan, dari hasil rekapitulasi dapat diketahui, kalau partisipasi masyarakat pemilih pada Pilkada Kabupaten OI melampaui target nasional sebesar 77,5 persen , sedangkan Pilkada OI dengan masa pandemi bisa mencapai angka 83,58 persen.

Sementara hasil rekapitulasi diketahui Paslon 01 Panca Wijaya Akbar-H Ardani meraih suara sebesar 149791 suara, sedangkan rival politiknya  Paslon 02 HM Ilyas Panji Alam-H Endang PU Ishak  mengantongi  84983 suara, dengan suara  sah  234774 suara, jumlah suara tidak sah  5203 suara dan  jumlah suara sah dan suara tidak sah 239977 suara.

Teks: Eric

Editor: Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait