Miris, Bangunan Pasar Kertapati Rusak dan Prihatin

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Kurangnya perhatian Pemkot Palembang, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya, Pasar Kertapati kondisinya terbengkalai sangat memprihatinkan.

Mirisnya, kondisi kios bangunan berupa atap seng, plafon, dinding hampir merata rusak parah. Pertanyaannya ?, apakah Pemerintah tidak tahu, atau mereka pura-pura… ?

Pantauan wartawan, Sabtu (29/5), Pasar Kertapati berlokasi di Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Akses di pinggir jalan Ki Merogan samping jembatan Kertapati (Depan Stasiun Kereta Api).

Ngatiem (74), Pedagang sayur mengatakan sangat prihatin dengan kondisi saat ini, karena ketika hujan turun, pengunjung pasar dan kita selaku pedagang khawatir. “Saat hujan turun pengunjung pun enggan berbelanja dan keadaan pasar yang tak mendukung membuat sepi pasar sebab tak terurus, pemasukan hasil dari berdagang pun berkurang. Kami berharap dengan kondisi pasar saat ini dapat diperbaiki sehingga menjadi bagus dan memberikan kenyamanan,” ungkapnya yang telah berdagang sejak 90an.

Senada dengan Ngatiem, Suhardi (53) selaku Pedagang ayam potong yang telah berdagang 40 tahun menuturkan, ini lah bentuknya, bangunan atap yang berlubang dan sebagian tak ada, “Kita selaku pedagang berharap pasar Kertapati ini dibenahi dan diperbaiki,” pintanya.

Sementara itu, Kepala PD Pasar Kertapati H Hasani mengatakan, terkait kondisi bangunan Pasar ini, kita sudah ajukan permohonan hingga 3 kali di tahun 2015 hingga 2019. “Memang pernah ada tinjauan dari PD Pasar Palembang, namun belum ada perbaikan, alasannya tanah ini milik PT KAI,” ujarnya.

Dikatakan Sani sapaan akrabnya, kami selalu ditanyai pedagang tentang iuran yang selalu dibayar dan dipungut, mereka menanyakan kapan akan diperbaiki kondisi bangunan Pasar.

“Kita mau berkata apa dan menjawab apa, ya kita selalu mengajukan permohonan, di samping itu ketika terjadi angin kencang atap (seng) beterbangan dan pernah nyaris mengenai warga. Mau tak mau kita selaku Kepala Pasar turun langsung untuk menenggarai ,” tukasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait