Pagaralam, Perdana Masuk Kategori Anugerah Pesona Indonesia

SWARNANEWS.CO.ID, Pagaralam | Suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Selatan umumnya dan khususnya Kota Pagaralam, kali ini diajang bergengsi  Pemilihan Anugerah Pesona Indonesia  (API), akan segera dimulai.  Dari ke 18 kategori, Pagaralam masuk dalam kategori Dataran Tinggi Terpopuler, dan voting akan dibuka mulai tanggal 5 Juni sampai 31 Oktober 2018.

Anugerah Pesona Indonesia merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI. Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada Obyek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia. Ajang Apresiasi pilihan masyarakat (people choice) ini secara langsung mengajak dan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat daerah dari Kabupaten, Kota, hingga di Provinsi untuk bekerja bersama-sama memberikan apresiasi, serta menjadikan Pariwisata daerahnya menjadi yang terbaik dan terpopuler. Kegiatan yang bertujuan mengangkat potensi pariwisata yang ada di perkotaan hingga pelosok daerah di Indonesia, ini akan terus dikembangkan lebih baik dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara serta Mancanegara.

Momentum Anugerah Pesona Indonesia kali ini sangat direspon Plt Walikota Pagaralam Bpk Musni. Ia berharap agar masyarakat dengan dorongan Pemerintah jangan sampai kehilangan lagi kesempatan berharga ini.

Karena Pagaralam untuk pertama kalinya masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia dan kita harus memiliki target tahun kunjungan wisata di Kota Pagaralam.

“Masyarakat Pagaralam harus mengapresiasi dan bersyukur,” urai Musni.

Pagaralam memang layak dipromosikan secara Nasional jika dilihat dari aspek sejarah dan keindahan alamnya yang masih alami di perkebunan teh Gunung Demponya.

“Untuk itu mari kita bersama sama proyeksikan secara baik wisata yang ada di Kota Pagaralam,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Samsul Bahri mengatakan, ini pertama kalinya kita terpilih dalam Anugerah Pesona Indonesia, suatu kebahagiaan buat kita semua, dan kami masih mempelajari dan mengajak semua lapisan masyarakat, komunitas melalui media baik medsos untuk bersama mendukung vote yang akan dibuka mulai 5 juni mendatang, tentu Pagaralam Gunung Dempo akan lebih dikenal.

“Ayo bergerak semua! Rebut momentum ini dengan baik,” tutur Samsul dengan penuh semangat.

Tak bedanya dengan Ilham Bijak Pulon Syahar, selaku manager Operasional Villa Gunung Gare Resort. Pelaku usaha villa dan perhotelan ini mengatakan, sangat bersyukur terpilihnya Gunung Dempo Pagaralam sebagai kategori  Dataran Tinggi Terpopuler dalam API ini dan ini semua berkat kerja sama dan kerja keras Pemerintah.

“Semua stage holder dan seluruh lapisan masyarakat dalam memperkenalkan  dan memajukan Pariwisata Kota Pagaralam, tentunya hasil yang diperoleh ini belum maksimal karena kita harus maksimal vote juga pada 5 juni mendatang,” bebernya.

Tanggal 5 Juni ini, insyaallah kami akan gotong royong semua agar Kota Pagaralam terpilih, saran saya mari kita sosialisasikan sebagai nominasi Anugerah Terpopuler  Pesona Indonesia ke masyarakat dan terus berikan kesadaran bahwa jika Kota Pagaralam dalam ajang bergengsi ini maka potensial wisata semakin meNasional dan mendunia, “dan ini sudah pasti akan berdampak  pada sektor ekonomi kerakyatan dan ekonomi industri Kota Pagaralam, insyaallah, ” ujar Ilham dengan penuh harap.

Sementara itu, Ketua LSM AMPUH, Hairul Pansah, saat ditemui mengemukakan, sangat mengapresiasi hal tersebut. “Kami selaku pemerhati lingkungan hidup sangat mengapresiasi atas terpilihnya untuk perdana Pagaralam Gunung Dempo sebagai kategori Dataran Tinggi Terpopuler dalam API ini, dan ini merupakan program dan langkah awal khususnya Pagaralam dan umumnya Sumatera Selatan, sangat spketakuler untuk mengangkat citra pariwisata dan potensi yang ada, semua pariwisata harus terus diangkat, tentunya masyarakat Pagaralam menginginkan kemajuan pariwisata di Pagaralam, maju terus negriku.

Menurutnya ini memang kompetisi yang sangat membangun, tentunya dengan adanya API ini, para pelaku wisata daerah semakin giat untuk memajukan dan mempromosikan serta membenahi daerah masing masing khususnya Pagaralam yang baru pertama kali masuk dalam API ini, berharap akan semakin banyak para wisatawan lokal maupun luar lokal menghabiskan waktu liburnya di Gunung Dempo Pagaralam.

“Selaku Ketua LSM Ampuh (Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup) beserta anggota saya akan membuat spanduk untuk menghimbau dan mendukung program ini agar Pagaralam mendapat vote dan tercapainya target kita bersama, salam pariwisata,” ungkap Hairul.

Teks: Rina

Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait