Palembang-AS jajaki pengembangan kota cerdas

Swarnanews.co.id |Pemerintah Kota Palembang dengan Amerika Serikat menjajaki kerja sama pembangunan sistem kota cerdas untuk menunjang peran sebagai tuan rumah Asian Games XVIII 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan, pertemuan sudah dilakukan dengan Konjen Amerika untuk Indonesia Juha P Salin membahas tentang pengalokasian dana hibah ke Palembang.

Ia mengatakan Pemerintah Kota dalam dua tahun terakhir telah merencanakan pembangunan sistem kota cerdas yakni dengan membangun pusat pengendalian modern.

“Rencananya `command center` ini akan terintegrasi langsung dengan kepolisian sehingga berbagai kejadian dapat direspon dengan cepat,” kata Harnojoyo.

Terkait kerja sama itu, kedua belah pihak memutuskan mengadakan pertemuan lanjutan membahas hal-hal teknis pada Oktober 2017.

Pemerintah Kota Palembang juga mendapatkan tawaran serupa dari Prancis untuk mengelola proyek kota cerdas. Akan tetapi, kerja sama itu tidak dapat dilanjutkan karena terjadi penawaran yakni dari semula berbentuk hibah menjadi pinjaman jangka panjang.

Palembang berharap memiliki satu pusat kontrol penanganan krisis yang lebih modern yakni menyuguhkan data yang akurat dan `realtime` untuk menunjang peran kota tersebut sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Menurut Harnojoyo, untuk tahap awal Pemkot telah mengangggarkan dana Rp6 miliar bagi pemasangan sejumlah kamera pengintai (cctv) sebagai bagian dari konsep kota cerdas.

Sumber Antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait