Pansel Tetapkan 3 Besar Calon Sekda Kota Palembang

  • Ratu Dewa Melaju ke Tahap Berikutnya

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG |Setelah tes dan seleksi yang ketat. Akhirnya hasil akhir seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang 2019 mendapatkan tiga nama.

Adapun ketiga nama calon Sekda yang masuk tiga besar yakni Ratu Dewa Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang, Dewi Isnaini yang sekarang menjabat Dinas Pengendalian Penduduk dam Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Palembang dan Yanurpan Yani yang menjabat sebagai Kadis Kominfo Kota Palembang.

Keputusan tersebut berdasarkan keputusan panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekda Kota Palembang nomor 800/16/pansel-JPTP/2019 tanggal 23 Maret 2019 tentang penetapan akhir hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekda Kota Palembang.

“Tiga nama calon pejabat pimpinan tinggi Pratama tersebut akan disampaikan kepada pejabat pembina kepegawaian Kota Palembang dan dipilih salah satunya untuk ditetapkan dan dilantik sebagai jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekda Kota Palembang,” demikian bunyi surat yang ditandatangani oleh Ketua Pansel Nasrun Umar, Sabtu (23/3/2019).

Dalam surat itu juga dijelaskan keputusan pansel bersifat mengikat dan tidak bisa diganggu gugat.

Sebelumnya panitia pansel melakukan seleksi enam calon jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekda Kota Palembang.

Seleksi dilakukan Jumat (22/3/2019) pagi hingga malam.

Selesai seleksi sekitar pukul 21.00 tadi malam pansel langsung bertolak di kediaman walikota Palembang di Musi II Palembang untuk melaporkan hasil seleksi.

Seperti diberitakan sebelumnyan, sebanyak 6 orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang mengikuti tes kompetensi manajerial (assesment) yang dilaksanakan di Assesment Center Puslatbang Pusat Kajian Pengembangan Aparatur Sipil Negara l Lembaga Administrasi Negara (PKPSN I LAN) Jalan Klara Payung Km 4,7 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (5/3/2019).

Keenam orang yang mengikuti tes calon Sekda Kota Palembang merupakan kepala dinas aktif.

Ke- 6 kepala dinas di Pemkot Palembang yang mengikuti seleksi calon Sekda Kota Palembang: yakni  Edison S.Sos M.Si yang kini menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang; Drs Ratu DewaMSi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) dan Plt Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang; Ir Dewi Isnaini MSi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Palembang;Drs H Muhammad Yunurpan Yany MM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang; H Aprizal Hasyim, SSos MM, Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang; Decki Lenggardi yang menjabat Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PKPB) Kota Palembang.

Pelaksanaan assesment ini dilakukan tanggal 5 Maret dan 6 Maret 2019 lalu.

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Kepangkatan BKPSDM Kota Palembang, Allan Gunery SSTP, mengatakan, para peserta seleksi ini selama dua hari mengikuti assesment.

“Semua asesornya dari LAN. Menggunakan semua metode untuk penilaian kompetensi manajerial. Nanti, hasilnya akan diserahkan ke panitia seleksi (Pansel). Mungkin hasil akan diserahkan ke Pansel dalam seminggu kedepan,” jelasnya.

Setelah tahapan ini, lanjut Allan, peserta akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni paparan makalah dan wawancara.

“Kita harapkan semua proses seleksi Sekda Kota Palembang ini akan selesai Maret ini. Sehingga 1 April 2019 sudah diketahui siapa Sekda yang baru. Karena, Sekda lama, 1 April sudah masuk masa pensiun,” ungkapnya.

Afrizal Hasyim Kepala Dinas Perikanan salah seorang yang ikut dalam seleksi tersebut mengaku baru mengetahui adanya pengumuman tersebut.  Namun yang bersangkutan tak berkomentar banyak.

“Oke sip terima kasih informasinya,” ujarnya singkat saat dikomunikasikan Swarnanews perihal pengumuman tersebut.

 

Teks: Herwanto

Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait