Para Dosen Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unsri Gelar Pelatihan Rancangan Pembelajaran Inovativ Dengan Menggunakan Pendekatan Technologi Pedagogical Content Knowledge (TPACK).

 

SWARNANEWS.CO.ID, INDRALAYA OGAN ILIR I  Dalam rangka rangka melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) skema Perkuliahan Desa ,  dosen dosen Jurusan Pendidikan IPS Universitas Sriwijaya mengadakan pelatihan peningkatan Kompetensi Guru guru IPS Se Kabupaten Ogan Ilir  dalam Membuat rancangan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Technologi Pedagogical Content Knowledge (TPACK).

Dr. Farida, M.Si Ketua Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unsri sekaligus anggota TIM PPM yang membuka kegiatan pelatihan secara resmi.

Menurut Ibu Dra. Sani Safitri, M.Si sebagai ketua pelaksana kegiatan PPM yang didampingi oleh anggotanya, Dr Farida , M.Si, Dra Siti Fatimah, M.Si dan Dr. Dwi Hasmidyani, M.Si,  para guru IPS di beri pelatihan dan pendampingan dalam menyiapkan rancangan pembelajaran beraorientasi TPACK sebagai ciri dari pembelajaran inovativ di abad 21. Kegiatan dilaksanakan secara daring melelui 2 bentuk kegiatan yaitu syncronus  lewat platform zoom untuk pelatihan penyusunan rancangan pembelajaran  dan kegiatan asyncronus  menggunaakan  media  whatshap group untuk mendamping guru dalam mengerjakan rancangan pembelajaran dengan pendekatan TPACK. Kegiatan syncronus dilaksanakan pada tgl 10 september 2021, dan asyncronus dilaksanakan pada tanggal 13 September sampai 27 September 2021.

Ibu Sani Safitri Ketua Pelaksana Kegiatan PPM saat memberikan paparan.

TPACK  menurut ibu Sani Safitri dalam paparan materinya mendefenisikan  TPACK sebagai  kerangka konseptual yang menghubungkan antara pengetahuan pedagogi, konten dan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Sebagai kerangka konseptual TPACK merupakan kerangka kerja yang dinamis untuk menggambarkan pengetahuan yang dapat diandalkan oleh guru dalam merancang dan mengimplmentasikan kurikulum dan pembelajaran, disamping membimbing peserta didik untuk berpikir dan belajar dengan menggunakan teknologi.

Peserta menyatakan berterimakasih atas kegiatan ini dan menjadikan tambahan kompetensi bagi mereka dalam menunaikan tugas.

Sementara itu, salah satu pemateri ibu Dra. Fatimah , MSI dalam paparanya mencoba memberikan contoh  bagaimana mengimplementasi pendekatan TPACK dalam rancangan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP)  dengan menggunakan  framework  :Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK).Hasil perpaduan 3 pengetahuan dasar tersebut, menghasilkan 4 pengetahuan baru, meliputi Pedagogical ContentKnowledge (PCK), Technological ContentKnowledge (TCK), Technological PedagogicalKnowledge (TPK), dan TechnologicalPedagogical Content Knowledge (TPACK) Technologi Pedagogik(TP), Technologi conten (TC).

 

Susunan Acara Pelatihan

PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN RANCANGAN  PEMBELAJARAN BEROREINTASI TECHNOLOGICAL PEADOGOGICAL AND CONTEN KNOWLEDGE (TPACK)

 “Jumat,10 september 2021 08.00 s/d selesai

1.PEMBUKAAN

(Oleh host Yuni Windi Sari : informasi mengenai teknis pelatihan)

2.KATA SAMBUTAN

(Oleh ketua MGMP IPS 01 Pak Syarbani S.Pd,M.P.d)

3.KATA SAMBUTAN

(Dari ketua jurusan IPS FKIP UNSRI ibu Dr.Farida,M.Si(Tim PPM) yang sekaligus membuka kegiatan pelatihan kita pada hari ini)

4.BERDOA

5.PELAKSANAAN PRETEST

6.Host Menyerahkan Acara Kepada Moderator

( Ibu Dr.Dwi Hasmariny,M.Pd

7.PEMAPARAN MATERI

@ “Pembelajaran Inovatif dan Perancangan Pembelajaran Berbasis  TPACK “

Oleh Ibu  Dra.Sani Safitri,M.Si

@ “ RPP berbasis TPACK”

Oleh Dra Siti Fatimah, M.Si

9.SESI TANYA JAWAB

Moderator menyerahkan acara ke HOST

10.POST TEST

11.Penjelasan Tentang Teknis Bimbingan Pembuatan Tugas Rancangan Pembelajaran

Pak  Drs. Alfiandra, M.Si

12.PENUTUP

(oleh Host)

 

Teks: Release

Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait