Pelanggaran Diprediksi Tinggi di Kota Palembang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI),telah melakukan pemetaan terhadap pemetaan terkait indeks kerawanan Pemilihan Kepala Daerah 2018. Hal ini dijelaskan, Dadang Apriyanto,Komisioner Panwaslu Kota Palembang divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Senin (8/1/2017) diruang kerjanya.

Dikatakan, Indeks Kerawan Pemilu dijelaskan Dadang, tergolong dalam tiga kategori yakni, kerawanan partisipasi,Kerawanan Kontentasi dan Kerawanan Penyelenggara. “Kerawan Pilkada terbagi dalam tiga indikator, tinggi, sedang dan rendah,”jelasnya Alumni pasca sarjana Tridinanti ini.

Ditambahkannya, Kerawan dalam pilkada tergolong dalam beberapa variabel dan Bawaslu RI telah melakukan menilaian seperti, Kerawanan integritas Penyelenggara dalam kotegori sedang (2,00),Kerawanan Profesionalitas Penyelenggara dalam kategori rendah (1,80), Kerawanan Kekerasan terhadap penyelenggara dalam kategori sedang (2,33), Kerawan Pencaloanan, dalam kategori tinggi (3,00), Kerawanan Kampanye dalam kategori tinggi (3,00), Kerawanan Kontestan dalam kategori rendah (1,00), Kerawanan ekerabatan rendah (1,00), Kerawanan Hak pilih, sedang (2,33), Kerawanan Karakteristik lokal, rendah (1,00),dan kerawanan engawasan/kontrol masyarakat tinggi (3,50).

“Panwaslu Kota Palembang semaksimal mungkin melakukan pencegahan secara ketat dengan melibatkan pengawasan pemilu secara internal dan eksternal disetiap tingkatan,demi mewujudkan keadilan pemilu,”singkatnya.

Editor : Sarono PS

Sumber : Antara

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait