Pembuatan dan Perpanjang SIM Gratis, Ini Syaratnya

SWARNANEWS.CO.ID, PAGARALAM | Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di area kepolisian Republik Indonesia.

Bahwa peluang untuk menggeratiskan biaya pembuatan dan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Tetapi, tidak semua masyarakat yang dapat pembuatan sim gratis, hanya masyarakat tertentu saja.

Hal ini dibenarkan oleh Kasat Lantas Kota Pagaralam AKP Fery Firdianto, memang ada surat dari pemerintah mengenai pembuatan dan perpanjang sim gratis, tapi kita masih menunggu perintah kapan mulai dilaksanakan.

“Untuk saat ini belum ada perintah jadi belum bisa dilaksanakan, sekarang masih tetap seperti biasanya untuk pembuatan dan perpanjangan sim,” ujarnya. Rabu (6/1/2021).

Untuk pembuatan dan perpanjangan sim sendiri, lanjut Fery, tidak semua masyarakat yang bisa digratiskan, tetapi ada kategori-kategori serta syarat tertentu yang bisa dapat digratiskan.

“Mungkin bagi warga yang tidak mampu yang bisa digratisan, tapi kita tunggu informasi selanjutnya dan perintah selanjutnya,”tutur AKP Ferry Firdianto.

Sementara itu, salah satu warga yang hendak perpanjang SIM, Rahman mengatakan, lebih cepat lebih bagus apalagi untuk masyarakat yang kurang mampu seperti kalangan tukang ojek.

“Kalau untuk masyarakat kurang mampu yah lebih beruntung, ekonomi sekarang juga kan lagi susah. ApalagiĀ  SIM ini wajib dan untuk memperlancar perjalanan juga saat berkendara,”pungkasnya.

Teks : Reri Alfian
Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait