Pemdes Biyuku Banyuasin Bangun Infrastruktur Jalan Rabat Beton

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Tahap awal melaksanakan pekerjaan suatu pembangunan, tentu harus mempertimbangkan dan melibatkan berbagai aspek dan perhitungan matang untuk kelancaran proses pekerjaan.

Seperti dalam pembangunan Jalan Rabat Beton di Desa Biyuku Banyuasin yang pertama dilakukan oleh Pemerintah Desa Biyuku di Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Sabtu (18/9/2021).

Pemdes Biyuku mulai melakukan peletakan batu pertama awal dimulainya pembangunan jalan rabat beton yang dilapisi dengan aspal curah. Berlokasi di RT 1 dusun I Desa Biyuku.

Peletakan batu pertama ini dilakukan langsung oleh Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kades Biyuku Imron Rosadi, Sekcam Suak Tapeh M. Irawan, S.IP., M.Si, Kasi Pembinaan Pemerintah Desa (PPD) Kecamatan Suak Tapeh Suhendra, S.Sos., M.Si, Korcam Pendamping Desa Kecamatan Suak Tapeh Febri Wansyah, ST, BPD Desa Biyuku, dan jajaran Perangkat Desa Biyuku, serta tokoh masyarakat setempat dan anggota BPD.

Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si usai melakukan peletakan batu pertama awal dimulainya progres pengerjaan pembangunan jalan tersebut menyampaikan apresiasinya atas upaya Pemdes Biyuku. Karena meskipun di tengah Pandemi Covid-19, Pemdes Biyuku masih bisa melakukan pembangunan fisik, yakni infrastruktur jalan rabat beton yang dilapisi dengan aspal.

“Kami memberikan apresiasi, kepada Pemdes Biyuku. Meski di tengah Pandemi Covid 19, Pemerintah Desa Biyuku tetap berupaya melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan berupa rabat beton dengan dilapisi aspal curah di RT 1 dusun I melalui Dana Desa (DD) pada Tahun Anggaran 2021,” kata Camat Sashadiman Ralibi.

Kades Biyuku Imron Rosadi mengatakan bahwa meskipun di tengah Pandemi Covid-19, kali ini Pemdes Biyuku tetap berupaya melaksanakan kegiatan fisik. Yakni pembangunan infrastruktur jalan Rabat Beton dengan dilapisi aspal curah yang ada di wilayah RT 1 Dusun I dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahap II tahun anggaran 2021.

“Untuk pembangunan Jalan Rabat Beton yang dilapisi aspal curah ini dari Dana Desa tahap II Tahun anggaran 2021. Besaran anggarannya Rp. 244.741.153, dan hari ini mulai peletakan batu pertama. Sementara volume Jalan Rabat Beton tersebut dimana panjang 200 M, lebar 3,5 M, dan ketebalannya 20 CM,” ungkap Kades Imron.

Dibangunnya jalan lingkungan di wilayah RT 1 Dusun I berupa rabat beton dengan dilapisi aspal curah tersebut, merupakan hasil dari musyawarah Pemdes Biyuku. Maka walaupun di tengah pandemi, pihak Pemdes memprioritaskan pembangunan jalan rabat beton tersebut karena sudah menjadi hasil dari musyawarah mufakat.

“Pembangunan jalan ini memang hasil dari rapat bersama untuk pembangunan jalan rabat beton yang diprioritaskan di jalan lingkungan diwilayah RT 1 dusun I ini, sebab sudah menjadi keputusan bersama dan sudah menjadi musyawarah mufakat karena jalan tersebut bila musim penghujan susah dilalui sebab berlumpur dan licin,” ungkap Imron Rosadi.

Kades Imron Rosadi mengatakan, tentu ada warga yang bertanya pembangunan jalan tersebut, pembangunan fisik salah satunya infrastruktur jalan.

“Ya, karena kita saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19, jadi untuk anggaran Dana Desa pun harus dibagi alokasinya, dalam hal ini kita alokasikan untuk penanganan Penyebaran Covid 19, kemudian juga diperuntukkan untuk Bantuan Langsung Tunai,” jelas Kades Imron Rosadi.

Ditambahkan Aekdes Biyuku Dwika Transprasetia, pada masa Pandemi Covid -19 seperti saat ini, anggaran tidak semuanya difokuskan untuk infrastruktur. Tetapi, digunakan juga untuk bantuan langsung tunai (BLT) dan kebutuhan Covid lainya. Setelah kebutuhan Covid terpenuhi, baru pembangunan infrastruktur harus dilanjutkan.

“Adanya DD tahun anggaran 2021 ini, Infrastruktur jalan di RT 1 dusun I akan cepat selesai dibangun, dan semoga kami Pemdes bisa bekerja untuk masyarakat. Keterbukaan atau tranparansi kepada masyarakat jadi pedoman kami, untuk mewujudkan Desa Biyuku maju,” pungkas Dwika. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait