Pemkab Lahat Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1442 H

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Pemerintah Kabupaten Lahat gelar peringatan Isra’Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Jum’at (19/03) bertempat di Masjid Al- Muttaqin Lahat.

Peringatan Isra’Mi’raj ini mengambil tema yakni ‘Mari kita tingkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT menuju Kabupaten Lahat yang Bercahaya’

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M ini diisi oleh DR. Ulil Amri,LC.,M.Hi yang merupakan dosen UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana, Drs.H. Ruslan,MM yang merupakan Kabag Kesra Setda Lahat menyampaikan bahwa kegiatan Isra’ Mi’raj ini adalah program dari Bagian Kesra.

“Kegiatan ini adalah kegiatan Pemkab Lahat maka itu peserta kegiatan peringatan Isra’Mi’raj ini diikuti oleh seluruh unsur pemerintah daerah Kabupaten Lahat,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa mari bersama meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, salah satunya mempercayai adanya perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha.

“Pada Isra’ Mi’raj ini juga, perintah Sholat turun. Untuk itu mari terus kita tingkatkan ketakwaan kepada Allah SWT sebenar-benarnya takwa,” sampainya.

Dirinya juga mengajak untuk berdoa dan berikhtiar agar virus covid19 bisa sirna di Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat.

“Mari kita dengarkan dan ambil hikmah apa yang disampaikan oleh penceramah nanti,” ujarnya.

Dalam Tausiyahnya, DR. Ulil Amri,LC.,M.Hi menyampaikan supaya semuanya dapat mengabil hikmah dibalik perjalanan Rasulullah dalam menjemput sholat 5 waktu bagi umat muslim diseluruh dunia.

Ia menyampaikan, dalam memahami Isra Mi’raj tidak hanya merupakan bagian dari transformasi spiritual, tetapi juga tranformasi sosial.

Menurutnya transformasi spiritual mengajarkan untuk taat, tunduk dan patuh untuk menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah SWT.

Sedangkan transformasi sosial mengajak kita semua untuk senantiasa melakukan perubahan dari kesalahan menuju kesalehan, dari kegelapan menuju terang, dan dari keterbelakangan menuju kemajuan, ungkapnya.

Ia juga berdo’a dan berharap semoga peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini dapat mempertebal keimanan dan ketaqwaan seluruh jamaah kepada Allah SWT dengan meyakini kebenaran atas risalah Nabi Muhammad SAW.

Dari uraian Peringatan Isra’ Mi’raj tersebut, dirinya mengintisarikan bahwa hikmah utama yang dapat dipetik adalah tentang bagaimana manusia dapat selalu mengedepankan keimanan dalam beribadah dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Teks: Jumra
Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait