Pemkab OKU Raih Anugerah Akses Universal Sriwijaya

SWARNANEWS.CO.ID-Baturaja, 26/12 /2019- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) meraih Penghargaan Anugerah Akses Universal Sriwijaya dari pemerintah provinsi setempat tentang pembangunan sanitasi permukiman.

“Penghargaan ini kedua kalinya diraih Pemkab OKU setelah sebelumnya pada 2018 meraih predikat yang sama dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab OKU, Ferry Iswan di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru pada Selasa (24/12) tersebut diterima langsung oleh Bupati OKU, Kuryana Azis di Palembang.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemkab OKU yang telah mendukung terlaksananya perencanaan dan pembangunan sanitasi di wilayah setempat dengan baik.

Ajang ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 185 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Sanitasi dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 845/19287/SJ Tahun 2017, tentang Pengelolaan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman dan untuk memotivasi daerah mencapai Akses Universal Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL).

“Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota berdasarkan inisiatif serta terobosan dalam kinerja dalam pembangunan air minum, sanitasi dan penanganan kawasan kumuh,” ungkapnya.

Menurut dia, berbagai upaya telah dilakukan Pemkab OKU untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah itu salah satunya melalui pelayanan PDAM setempat.

Selain itu, kata dia program-program pemerintah baik pusat maupun daerah di bidang pelayanan air minum seperti Pamsimas saat ini juga sudah menjangkau penduduk di Kabupaten OKU hingga ke pelosok desa.

Sejauh ini, lanjut dia pembangunan instalasi air minum yang dilakukan pemerintah daerah setempat melalui PDAM OKU dan program Pansimas telah melayani masyarakat di 120 desa di Kabupaten OKU atau sekitar 75 persen dari 157 desa/kelurahan yang ada di wilayah itu.

“Jumlah ini merupakan gabungan dari pembangunan yang dilakukan oleh PDAM OKU sebanyak 40 desa/kelurahan dan melalui program Pamsimas sebanyak 80 desa,” ujarnya.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait