Pemkab OKU Timur Gelar Rakor Jelang Penilaian Adipura

SWARNANEWS.CO.ID, OKUT | Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Rapat Koordinasi Pemantapan dan Evaluasi Adipura Kota Martapura Kabupaten OKU Timur Tahun 2022, di Aula Hotel Parai Puri Tani, Rabu (03/08/2022).

Program Adipura merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Bertujuan untuk mewujudkan kota cerdas, manusiawi dan ekologis, melalui penerapan tata pemerintahan yang baik (good governance). Untuk mendorong terciptanya lingkungan hidup yang baik (good evironment).

Untuk itu, pemerintah harus mampu berperan baik sebagai fasilitator maupun mediator sehingga bagi seluruh lapisan masyarakat, sebagai masyarakat termotivasi untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya.

Rakor dipimpin oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Fauzi Bakrie, S.Sos., dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, desa, pelaku usaha mikro, kepala sekolah dan tamu undangan lainnya. Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah Ali Husin, SKM. dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatra Selatan.

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dalam sambutan dan arahannya yang disampaikan oleh Kepala DLH Fauzi Bakrie, S.Sos. menyampaikan, rebranding program Adipura dalam mewujudkan kota berkelanjutan, diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas lingkungan hidup perkotaan lebih baik lagi. Konsekuensinya adalah mekanisme pemantauan dan penilaian dilakukan terhadap aspek pengolahan sampah dan ruang terbuka hijau.

“Oleh karena itu, kepada pihak yang bertanggung jawab terhadap kedua aspek tersebut, agar dapat meningkatkan perannya dalam memenuhi kriteria yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Selain itu, ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional. “Sebagaiman imbauan Gubernur HD dalam rangka mendukung pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional, mari kita sukseskan Gerakan Tiga Jari Kelola Sampah : Pilah, Kompos dan Daur Ulang Menuju Indonesia Bersih Sampah 2022,” lanjutnya.

Fauzi menjelaskan, Bupati Enos juga mengingatkan semua untuk berbenah. “Bupati Enos ingin mengajak kita semua untuk menyatukan langkah, karena ia ingin sekali agar Bumi Sebiduk Sehaluan kembali meraih Piala Adipura.”

Sementara itu Kepala Bidang P2KLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Timur Maimunah, SKM., M.Kes. dalam laporannya menyampaikan, melalui rakor ini agar bisa diperoleh kesatuan pandangan sebagai upaya meningkatkan suasana dari Kota Martapura agar lebih baik.

Ia juga mengajak kerja sama yang baik kepada semua pihak untuk mendapatkan kembali Piala Adipura.

“Tim penilai akan berkunjung ke Kota Martapura pada bulan Agustus – Oktober Tahun 2022, untuk itu saya berharap adanya kerjasama yang baik bagi semua pihak yang bertanggung jawab pada titik pantau Adipura,” jelasnya. (*)

Teks: rill/Prabu
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait