Pencapaian Target Lebih, Harnojoyo : PDAM Untung

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Dampak pandemi Covid-19, tidak berpengaruh bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang. Pasalnya, pencapaian target bertambah dari 100 miliar menjadi 130 miliar di tahun 2020.

Hal ini disampaikan walikota Palembang Harnojoyo usai penandatanganan pengesahan rencana kerja dan anggaran PDAM Tirta Musi Palembang sekaligus peresmian tugu PDAM, Rabu (30/12/2020).

“Mewakili Pemkot mengapresiasi apa yang di lakukan PDAM. Dimasa pandemi Covid-19, PDAM Tirta Musi Palembang untungnya bertambah. Kalau tahun 2019 itu pencapaian target 100 miliar. dan Tahun 2020 ini melebihi mencapai 130 miliar,” kata Harnojoyo.

Dikatakannya, kapasitas produksi air PDAM sudah melebihi dari produksi dicapai. Permasalahannya, pengaruh pada tingkat kehilangan air, sehingga pencapaian pendistribusian di masyarakat berkurang.

Terkait program PDAM tentunya akan terus berbenah, apa yang menjadi target pencapaian tentunya diskusikan dan dapat lebih di optimalkan kembali. “Tidak ada lagi pekerja tahun 2020 dilaksanakan tahun berikutnya. Tentunya akan lebih dimaksimalkan,” cetus Harno.

Tantangan 2021, Menurut Harno tentunya harus membuat ikon baru di kota Palembang. Salah satunya Pemkot membuat tim percepatan pembangunan akses pulau Kemaro dengan melibatkan pihak swasta, sehingga kota Palembang menjadi tempat yang dikunjungi dan tidak membosankan bagi pelancong wisatawan hadir di kota Palembang.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Ir Andi Wijaya menegaskan, keuntungan pencapaian target PDAM karena melakukan penghematan biaya. Sehingga target dicapai melebihi dari tahun sebelumnya. “Nilai Keuntungan pencapaian target dari 1,1 miliar direalisasikan menjadi 1,3 miliar,” jelas Andi.

Terkait kehilangan air, menurut Andi karena ada kebocoran saat pendistribusian. Semakin banyak air didistribusikan maka kehilangan air bertambah tinggi. Kehilangan air mencapai 21 persen dari 18,8 persen ditahun 2019.

“Peningkatan air di distribusikan tetapi karena Covid-19, pelanggan niaga seperti hotel,mall restoran tidak melakukan kegiatan sehingga air habis kebocoran tidak masuk rekening,” tandasnya.

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait