Pengelola Perpustakaan Desa se Musi Rawas Ikuti Bimtek Perpustakaan

SWARNANEWS.CO.ID, MUSI RAWAS | Pengelola Perpustakaan Desa dan Sekolah se-Musi Rawas ikuti Bimtek Perpustakaan dengan tema peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan desa dan Sekolah se Kabupaten Musi Rawas yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Rawas bertempat di pondok makan Sampurna Lubuklinggau (18/3/2021).

Dra. Hj. Rusnini, M.Si, selaku Pelaksana tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Rawas mengatakan bahwa kegiatan bimtek ini bertujuan untuk melatih pengelola/pustakawan desa se Kabupaten Musi Rawas dan perguruan tinggi yang ada agar dapat mengoperasikan peran perpustakaan, salah satunya adalah dengan menerapkan penggunaaan Sistem Perpustakaan Terintegrasi yang disebut dengan program INLIS Lite (Integrated Library System), dimana output dari kegiatan ini agar perpustakaan yang ada di desa dan di perguruan tinggi dapat terhubung dengan perpustakaan nasional dan perpustakaan yang di luar negeri.

“Materi yang diberikan secara garis besar terbagi dua yaitu pengelolaan perpustakaan secara manual dan pengelolaan perpustakaan menggunakan program (digitalisasi perpustakaan) meliputi proses pengolahan bahan pustaka terdiri dari pemberian stempel, inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi dan kelengkapan. Kedua materi utama disampaikan oleh Pustakawan yang berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Rawas. Secara Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh perpustakaan kabupaten sudah terlatih dari perpustakaan nasional, dan ilmu yang ada akan ditularkan ke desa-desa dan perguruan tinggi agar nantinya perpustakaan bukan hanya jadi tempat berkunjung tetapi juga adanya peningkatan “berkegiatan” di perpustakaan baik di kabupaten, di desa-desa dan Sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi” ujar Rusnini

Sementara itu, Risa dari SMK Negeri Beliti mengatakan bahwa kegiatan ini bagus sekali. Harapan kami kegiatan bisa dilakukan berkesinambungan sehingga jika ada perkembangan pengelolaan perpustakaan yang lebih baik lagi kami bisa mengikuti.

Donal Iskandar dari Desa Kembang Tanjung Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musi Rawas mengatakan sangat mendukung kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih atas materi yang diberikan.

“Semoga bisa kami terapkan di perpustakaan desa kami” ujar Donal

Raden Roro Kusuma Dewi, yang berasal dari Perpustakaan SMP Negeri Marga Tunggal Kecamatan Jayaloka mengatakan sangat senang dapat tambah ilmu dan berharap diteruskan pelatihannya jangan hanya sekali ini saja.

Teks: Supriadi
Editor: Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait