Penghapal Al-Qur’an, Anak Yatim Berprestasi Terima Beasiswa

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Yayasan Ponjen Amal Bina Insani Palembang memberikan hadiah beasiswa kepada anak Yatim berprestasi tingkat SD SMP dan SMA di kota Palembang. Sekaligus membagikan bingkisan paket lebaran.

Penyerahan diserahkan secara simbolis kepada anak Yatim berprestasi oleh ketua Yayasan Ponjen Amal Bina Insani Palembang, H Nurudin Hanafiah di Sekretariat, Sabtu (8/5/2021)

M Yusuf Usman, selaku Pembina Yayasan mengatakan, pemberian beasiswa untuk anak Yatim berprestasi ini untuk penghapal Al-Qur’an dalam rangka kegiatan ramadhan ceria ke VII 1442 hijriyah tahun 2021.

Tahun ini mendaftar ada 70 orang anak Yatim. Jika dibandingkan tahun kemarin sebanyak 250 orang anak yang ikut mendaftar.

“Beasiswa anak yatim berprestasi ini kita berikan pembinaan berupa uang, alat tulis sekolah, al-quran dan bingkisan lebaran,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (8/5/2021).

Tak hanya itu, kegiatan rutin Ponjen Amal Bina Insani, kata Yusuf melaksanakan secara rutin kegiatan safari dakwah kepada anak Yatim dhuafa langsung di ambil dari kampung. Dan itu setiap Minggu berjalan hampir 11 tahun.

“Dalam kegiatan itu, kita mengunjungi kampung , jadi kita ambil santri yatim kampung bukan yatim rumah tahfiz atau yatim panti. Dalam sebulan empat kali dilakukan, atau rata-rata seminggu sekali selama sebulan, tapi bisa juga seminggu dua kali,” jelasnya.

Diakuinya, ada sebanyak 30 persen anak dari 20.000 anak yatim. Atau sekitar 8000 an anak yatim yang sudah terdata dan telah disantuni. Baik santunan safari dakwah maupun santunan beasiswa berprestasi.

Ketua Yayasan PABI kota Palembang, H Nuruddin Hanafiah berharap, agar semua kegiatan jangka pendek maupun panjang Yayasan PABI tetap berlangsung.

“Untuk jangka pendek, kita juga rutin ada kegiatan untuk anak yatim dalam menyambut satu muharam. Semoga apa yang diamanahkan dari rekan-rekan atau donatur bisa berjalan dengan baik dan menjadi amal ibadah dari donatur masing-masing,” harap Nuruddin, usai menyerahkan secara simbolis Bingkisan paket belajar.

“Harapan kepada anak-anak yatim, semoga apa yang kita lakukan ini juga bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya anak-anak yatim untuk menambah pendidikannya,” ungkapnya.

Amel Mianda, salah satu siswi SMP penerima beasiswa dari Yayasan PABI berharap, supaya kegiatan rutin seperti ini bisa dilakukan setiap tahun.

Bahkan, peraih juara dua dalam hafalan surat-surat pendek ini mengaku, meski mengalami kesulitan, tapi dirinya tetap lancar dalam hafalan alquran.

“Saya kesulitan di hafalan surat pendek, tapi lancar. Saya harap supaya yayasan mengadakan kegiatan ini setiap tahun,” kata siswi kelas VIII SMP ini sembari mengaku uang saku beasiswa akan digunakan untuk keperluan sekolah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait