Pengurus JSM Lubuklinggau, Masa Bakti 2021-2025 Resmi Dilantik

SWARNABEWS.CO.ID, LUBUKLINGGAU | Pengurus komunitas Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) Kota Lubuklinggau resmi dilantik. Pengukuhan langsung dilakukan oleh Ketum JSM Sumsel, Ir Rudi Apriadi, MBA, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Lubuklinggau, Sabtu, 24/04/2021.

Sebelum prosesi pengukuhan jajaran pengurus JSM Kota Lubuklinggau, acara diawali dengan diskusi bisnis dengan narasumber Sekretaris JSM Sumsel, Ayat Parsah, SE, didamping Ketua PDM Lubuklinggau, Drs. H Hasbi Saidina Ali, dan bertindak sebagai moderator Drs.H Syamsul Anwar, MM.

Ketum Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) Sumsel, Ir Rudi Apriadi, MBA, saat menyampaikan sambutan usai melantik jajaran pengurus JSM Kota Lubuklinggau, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Lubuklinggau, Sabtu, 24/04/2021.

Di hadapan jajaran pengurus JSM Kota Lubuklinggau yang didominasi pebisnis muda, Ayat Parsah banyak berbagi pengalaman. Baik pengalaman sebagai praktisi bisnis maupun kapasitasnya sebagai Sekretaris JSM Sumsel yang sudah melakukan studi banding ke daerah yang JSMnya sudah berkembang pesat.

“Jadi pebisnis atau pengusaha tidak boleh gampang menyerah dan patah arang. Setidaknya sampai lima kali gagal, jatuh bangun dirikan usaha, sehingga kelak dapat tumbuh menjadi pebisnis yang tangguh,” saran Ayat Parsah.

Jadi pebisnis juga tidak boleh baper (red: bawa perasaan atau sensintif dan mudah tersinggung akhirnya stop melakukan usaha).

Dalam kesempatan yang sama usai melantik jajaran pengurus JSM Kota Lubuklinggau, Ketua JSM Sumsel, Rudi Apriadi, menyampaikan pidato arahan.

Mengawali sambutannya, pria yang biasa disapa Rudi ini, menganjurkan kalau berdoa hendaklah jangan minta rezeki yang cukup. Tapi mintalah yang halal, berkah, berlimpah ruah, anjurnya. Kalau rezekinya cukup, hanya cukup untuk bayar token listrik, bayar kredit motor, bayar kontrak rumah. Sebaliknya kalau rezekinya halal dan berlimpah ruah maka bisa membantu orang lain.

“Saudara-saudara harus percaya diri, meskipun usahanya dimulai dari kondisi lemah bukan kecil, tapi kita berharap usahanya bertumbuh secara alami, mengakar dan kokoh,” sarannya.

Jadi pengusaha harus tumbuh dan berproses dari usia dini. Oleh karena itu fokuslah berbisnis. Dengan berbisnis paling tidak dapat membantu orang lain meskipun jumlahnya masih terbatas.

Momen foto bersama usai acara pelantikan pengurus JSM Kota Lubuklinggau.

“Saudagar itu imejnya baik. Apalagi di kalangan masyarakat Palembang. Saudagar itu sebutan orang yang sukses berbisnis sekaligus dermawan. Dan tentunya menjadi seorang saudagar itu mulia”, kata Rudi Apriadi.

Dalam sesi wawancara kepada awak media Swarnanews.co.id, Rudi mengatakan bahwa secara struktur organisasi JSM Lubuklinggau menjadi yang perdana dikukuhkan se Sumsel.

Rudi juga memastikan bahwa ada tradisi berdasarkan doktrin yang kuat di internal Muhammadiyah yaitu hadir ke rumah besar Muhammadiyah itu untuk memberikan karya atau amalnya bukan untuk menggerogoti.

“Tidak biasa dan tak lazim kader Muhammadiyah meminta apalagi membayar untuk mendapatkan jabatan dalam organisasi Muhammadiyah. Sebaliknya jika diminta dan diberikan amanah selalu siap untuk menjalani dan menunaikan amanah tersebut,” beber Rudi.

Sehingga lanjutnya, Ia optimis perlahan tapi pasti JSM ini kelak akan terus berproses dan tumbuh. Pada akhirnya akan berkontribusi tidak hanya kepada Muhammadiyah tetapi kepada umat Islam yang lebih besar dan juga terhadap perekonomian bangsa Indonesia.

Pada sesi terakhir acara gilirannKetua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Lubuklinggau, Drs H Hasbi Sadina Ali menyampaikan sambutan. Hasbi mengucapkan selamat kepada pengurus JSM Kota Lubuklinggau yang baru saja dikukuhkan. Kedua, para JSM pasca dilantik harus sering koordinasi dengan PDM. Ketiga, segera cetak KTA supaya teradministrasi, terdata dan terkelola secara baik. Sehingga dapat memudahkan pergerakan dan aktivitas insan JSM Lubuklinggau.

Foto bersama usai acara pelantikan pengurus JSM.

Berikut jajaran pengurus JSM Kota Lubuklinggau masa bakti 2021-2025 yang telah dikukuhkan :

Penanggung Jawab/Pengawas :
Ketua PDM
Sekretaris PDM

Penasehat :
1. Drs. H.Syamsul Anwar (Wk Ketua PDM Bd Ekonomi)
2. H. Akmal K. Alham (Ketua MEK PDM Llg)
3. H. Ajiriang, S.Sos. (Ketua MWK PDM Llg)
4. Jumarno, SE., MM. (Sekrt MEK PDM Llg)
5. H. Hasbi Malian, B.Sc. (Ketua Koperasi Surya Sekawan)
6. Andi Wiyanda, S.E (ketua PD-PM)
7. Fadhillah Jannah, S.Pd (Ketua PD-NA)

Ketua : Efran Ronaldi, S.T
Wakil Ketua 1: Muhammad Ersi, S.Kom
Wakil Ketua 2: Syarif Kurniawan
Wakil Ketua 3: Aziman

Sekretaris : Basuki Rahmat, S.E
Wakil Sekretaris 1: Nova Lestari
Wakil Sekretaris 2: Purwanto

Bendahara : Wahyuni Putri Ramadhani
Wakil Bendahara 1: Dewi Rafesi Ayu
Wakil Bendahara 2: Nur Kholifa

*Bidang Konstruksi dan Perdagangan Umum :
Junairi, S.E
Solikhin, S.Pd

*Bidang Pertanian Dan Pariwisata :
Samsul Bahri, SP, M.Si
Rahmat Bayu Saputra, SP
Paisol Mulyadi, S. Kom
Ridho Prabowo, SPt.

*Bidang Kesehatan, Kuliner, dan Produk Halal :
Alias
Hamdan
Fauzan Repi

*Bidang Multimedia dan IPTEKS :
Rehanudin Akil
Rah Zainal
Dwi Irawan, S.Kom
Fido Rizki, S.Kom

*Bidang Investasi Bisnis dan Asuransi :
Jaka Dewantara, S.Pd
Suparno, S.P
Ari Mustofa, SP

*Bidang Ketenagakerjaan dan Pengembangan SDM :
Mukhlis, M I Kom
Tri Riduansyah
Minto, S.Pd

Teks : Rehanudin Akil
Editor : Sarono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait