Polda Apresiasi Sistem MERIT BKSDM

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang H. Riza Pahlevi, M.A menyatakan apresiasi tingginya terhadap Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M yang telah menyambut baik sistem MERIT Pemerintah Kota Palembang.

Hal itu disampaikan langsung saat melakukan audiensi resmi terkait implementasi sistem merit pada Senin, (14/06/21) di Mapolda Sumsel.

“Proses rekrutmen seleksi berdasarkan kualifikasi dan kompetensi kinerja adalah kunci awal terbangunnya sistem tata kelola pemerintahan yang presisi. Oleh karena itu diperlukan seorang pelopor yang benar-benar mumpuni di bidangnya agar dapat memotivasi SDM-SDM yang lain. Apalagi, dalam rencana kedepan Pemkot Palembang akan segera membentuk UPT Assesmen Centre untuk proses Pengisian JPT secara mandiri,” kata Riza.

Tak hanya itu, masih menurut Riza untuk meningkatkan profesionalitas dan daya saing Pemerintah Kota Palembang kemudian mempercayakan amanah sebagai keynote speaker pada Kapolda Sumatera Selatan Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M. dengan pertimbangan beliau juga merupakan Profesor yang membidangi masalah sumber daya manusia secara khusus.

“Pernah menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, kita semua tentu meyakini beliau adalah SDM yang paling mumpuni untuk membagikan sejumlah motivasi terkait pentingnya ketersinambungan antara tanggung jawab tugas dan kompetensi yang dimiliki pada seluruh Eselon II di jajaran Pemerintah Kota Palembang,” imbuh Riza.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs. Ratu Dewa, M. Si juga mengungkapkan totalitas implementasi perbaikan birokrasi menjadi salah satu tolak ukur majunya suatu daerah. Selain itu, agenda ini bertujuan agar setiap jabatan di Pemerintah Kota Palembang diduduki oleh SDM yang benar-benar kompeten di bidangnya.

“Memotivasi agar seluruh pejabat eselon II di Kota Palembang bahwa untuk duduk di suatu jabatan saat ini benar-benar harus berdasarkan kompetensi, analisa jabatan, dan analisa beban kerja yang tersedia. Jadi bukan lagi penunjukan langsung secara politis, kita totalitas implementasi perbaikan birokrasi di Kota Palembang ini,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Sumsel yang selalu menjadi pengayom terbaik untuk masyarakat ini terlihat sangat antusias untuk menjadi keynote speaker terkait penegasan implementasi sistem merit pada seluruh jajaran pimpinan tinggi yang ada di Kota Palembang.

“Tentu siap. Segera kita atur waktunya. Kami sepakat terkait JPT adalah salah satu bentuk penerapan sistem merit untuk mengisi jabatan dengan seleksi terbuka. Ini termasuk dalam misi bersama untuk menjalankan roda pemerintahan yang sehat. JPT juga berpengaruh besar untuk menghindari pengangkatan dan promosi yang didasarkan pada hubungan politik dan pribadi,” tuturnya lugas.

Teks/Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait