Polda Sumsel Lakukan Giat KRYD, Penyekatan Arus Balik Mudik

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di sejumlah provinsi di Sumatera khususnya di Wilayah Sumsel Polda Sumsel, mengintensifkan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) bersama satuan wilayah jajaran Sumsel.

Saat dihubungi Awak media Minggu (23/05/2021), Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM melalui Kabid Humas Polda Sumsel.Kombes Pol Drs Supriadi MM menyebutkan, kegiatan KRYD (penyekatan arus balik mudik) Polda Sumsel, pada hari Minggu tanggal 23 Mei 2021, yakni
– Kendaraan yg diputar balik sebelumnya : 2.086 kendaraan,
– Kendaraan yg diputar balik hari ini : 91 kendaraan
Jumlah seluruhnya : 2.177 Kendaraan

Sedangkan Jumlah orang diperiksa antigen sebelumnya : 10.735 orang
– Jumlah orang yg diriksa antigen hari ini : 1.119 org
– Jumlah seluruhnya : 11.854 org

Sedangkan jumlah yg positif sebelumnya: 34 Orang
– Jumlah yg positif hari ini NIHIL
– Jumlah seluruhnya yg positif 34 orang

Kabid Humas Polda Sumsel menambahkan, masyarakat yang positif diisolasi hasil penyekatan KRYD Arus Balik di;
– Wisma Atlet : 7 Orang,
– RSUD : 6 Orang
– Isolasi Mandiri : 21 Orang.

Menurut KBP Supriadi MM di Palembang sempat ada kenaikan kasus. Namun sekarang sudah mulai turun. “Dengan kita melaksanakan Giat KRYD mengintensifkan random test Covid 19 secara acak di Pos Penyekatan arus balik mudik, maka akan ada kehati-hatian dari masyarakat. Jika mereka tidak sehat maka tidak bisa melanjutkan perjalanan,” ucap Supriadi MM.

“Polri juga bersama unsur TNI, Polri dan Instansi terkait juga Satgas Covid 19 Sumsel secara bersama-sama pengecekan bisa dilakukan dengan konsisten,” tutur KBP Supriadi MM.

Harapanya dengan mengintensifkan pengecekan ini, angka penyebaran Covid-19 di Palembang dapat ditekan. Dan Palembang menjadi contoh baik bagi kota-kota lain di Indonesia. Sebagaimana diatur di dalam Addendum Satgas Covid Nomor 13 dan Permenhub Nomor 13, dilakukan tes Covid-19 secara acak (PCR/Rapid Antigen/GeNose) kepada para pelaku perjalanan di simpul-simpul transportasi darat.

Untuk itu, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menyelenggarakan random tes rapid antigen di Terminal Bus Tipe A Alang-Alang Lebar secara gratis kepada para penumpang dan juga pengemudi serta awak bus. Terminal Bus Alang-Alang Palembang merupakan salah satu simpul transportasi utama di Palembang, yang melayani penumpang bus ke berbagai provinsi lain. Baik di dalam maupun di luar Sumatera.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi adanya lonjakan pergerakan usai lebaran (arus balik), serta untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus positif Covid-19 yang signifikan di hampir seluruh provinsi di Pulau Sumatera. Melalui pengecekan secara intensif di simpul-simpul transportasi darat, diharapkan masyarakat yang melakukan perjalanan melalui transportasi darat dalam kondisi bebas covid-19 dan tidak membawa virus ke daerah-daerah lain “Ayo tingkatkan Prokes dan kita keroyok Covid 19 sehingga hilang dari muka Bumi,” tukas KBP Supriadi MM.

Pada kesempatan yang sama Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut angka kasus Covid-19 di Palembang beberapa waktu lalu sempat meningkat drastis thingga Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di Rumah Sakit mencapai 60% kini sudah turun diangka 46% ini karena unsur kekompakan TNI /Polri Pemda dan Instansi terkait dalam mendukung memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan Kita Apresiasi Personel dilapangan serta sudah meningkatnya kesadaran masyarakat Imbuhnya. (*)

Teks: rilis
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait