Prodi Pendidikan Biologi Unsri Gelar Kuliah Umum Bahas Biosistematika Molekuler Tumbuhan

Dekan FKIP Unsri, Dr.  Hartono, MA : Sangat Baik Menambah Ilmu Mahasiswa dan Alumni

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya,  hari ini Sabtu (20 Maret 2021) melaksanakan salah satu agenda rutin Prodi, yaitu kegiatan Kuliah Umum (Studium Generale) yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tema “Biosistematika Molekuler Tumbuhan”.

Kegiatan kuliah umum hari ini diberikan oleh Muhammad Rifqi Hariri, M.Si secara virtual melalui aplikasi zoommeeting dan live Streaming via Youtube. Nara sumber kegiatan kuliah umum merupakan ahli peneliti muda pada bidang kepakaran botani dan biosistematika molekulertumbuhan dari Pusat Penelitian KonservasiTumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga IlmuPengetahuan Indonesia (LIPI).

Muhammad Rifqi Hariri, M.Si., narasumber dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Bogor sebagai nara sumber sedang memberikan materi

Laporan pelaksanaan kegiatan umum disampaikan oleh KoordinatorProgram Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri, Dr. Yenny Anwar, M.Pd. Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum hari ini merupakan kuliah umum ke-2 pada tahun ajaran akademik 2020/2021.

Kuliah umum hari ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa mengenai kajian biosistematika molekuler tumbuhan yang berkaitan dengan mata kuliah botani tumbuhan. Pelaksanaan kegiatan ini juga ditujukan untuk mensukseskan capaian visi misi Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unsri untuk menjadi Prodi Terkemuka di tingkat nasional dalam Pendidikan Biologi yang didukung kegiatan riset pada tahun 2025.

Dekan FKIP Unsri Dr. Hartono, MA

Hal ini disambut baik oleh Ketua Jurusan PMIPA FKIP Unsri, Dr. Ismet, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum sangat menarik dan masih berkaitan dengan kuliah umumsebelumnya (Pendidikan Konservasi).

Informasi yang didapatkan dapat menambah pengetahuan mengenai jenis tumbuhan yang ada di sekitar kita sehingga dapat meningkatkan kepedulian kita untuk melakukan konservasi terhadap tumbuhan yang memiliki jumlah jenis yang semakin menurun.

 

Pengarahan Dekan FKIP UNSRI, Dr. Hartono, M.A. dalam pembukaan Kuliah Umum Biosistematika Molekuler Tumbuhan di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unsri

Dekan FKIP Unsri,  Dr. Hartono, M.A. dalam sambutannya ketika membuka kegiatan ini secara resmi, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan ilmu, khususnya bidang keilmuan taksonomi tumbuhan. Kegiatan ini juga selaras dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di mana para mahasiswa juga mendapatkan ilmu daripraktisi seperti ahli peneliti tumbuhan dari LIPI ini. Disampaikan oleh Dr. Hartono, M.A. bahwa mahasiswa dan dosen dapat mengarahkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan roadmap penelitian FKIP.

Ketua Jurusan PMIPA FKIP Unsri Dr. Ismet, MSi

Kegiatan kuliah umum yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Biologi serta para alumni yang tergabung dalam IKAPEBI, Narasumber menyampaikan informasi mengenai cara ilmuwan mengklasifikasi tumbuhan, mulai dari sejarah sejarah klasifikasi tumbuhan sampai dengan sistem klasifikasi menggunakan sequence DNA tumbuhan dalamsistem APG. Selama kegiatan kuliah umum, mahasiswa terlihat sangat antusias yang tergambar melalui pertanyaan yang diajukan oleh peserta kuliah umum melaluiaplikasi bertanya online maupun bertanya langsung melalui aplikasi zoom.

Kegiatan kuliah ini mendapatkan dukungan penuh dari Dekan FKIP Unsri,
Dr. Hartono, M.A yang turut hadir dan sekaligus membuka kegiatan ini yang dalam acara pembukaan kegiatan kuliah umum hari ini.

Kontributor: Didi  Jaya Santri

Foto: Dok Prodi Pend. Biologi Unsri

Editor: Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait