Prodi Pendidikan Biologi Unsri Gelar Lokakarya Revitalisasi Kurikulum

SWARNANEWS.CO.ID , PALEMBANG I Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya,  Kamis, 03 Juni 202 mengadakan lokakarya bertajuk revitalisasi kurikulum prodi pendidikan biologi Unsri 2021.

Narasumber pada kegiatan lokakarya ini yaitu Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd (Ketua Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia) dan Dr. Rusdi, M.Biomed (Koordinator Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jakarta).

Dr. Mgs Mhd Tibrani, M.Si selaku ketua pelaksana kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, alumni, serta stakehoder lulusan pendidikan biologi FKIP Unsri. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi kebutuhan kurikulum MBKM (merdeka belajar kampus merdeka) dan kebutuhan alumni dan stakeholder lulusan prodi pendidikan biologi.

Sejalan dengan hal itu, Koordinator program studi pendidikan biologi, Dr. Yenny Anwar, M.Pd. Pada sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menghasilkan kurikulum terbaik dalam rangka menghasilkan lulusan terbaik sehingga dapat berimbas pada kualitas pendidikan yang dapat mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Kegiatan kuliah umum ini, dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Bapak Dr. Hartono, M.A. Dalam sambutannya, kegiatan ini lokakarya ini merupaka rangkaian kegiatan evaluasi kurikulum untuk menganalisis profil lulusan yg telah dihasilkan oleh program studi. Dalam revitalisasi kurikulum diperlukan mempersiapkan lulusan agar menghadapi tantangan di era 4.0 dan Society 5.0.

Kegiatan lokakarya ini diikuti oleh koordinator dan dosen prodi secara luring, dan para narasumber, stakeholder, mahasiswa dan alumni yang lain mengikuti secara daring. Kegiatan ini terdiri dari dua tahapan yaitu kegiatan paparan dan diskusi informasi dari narasumber utama yaitu Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd  selaku Ketua Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia yang dipandu Dr. Ermayanti, M.Si dan Narasumber kedua, yaitu Dr. Rusdi, M.Biomed selaku praktisi kurikulum, Koordinator Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jakarta yang dipandu oleh Dr. Meilinda, M.Pd. Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Focus group discussion  (FGD) pada siang hari yang dipandu oleh Drs. Kodri Madang, M.Si., Ph.D yang melibatkan Tim P3MP, Dr. Yosef, M.A, Dosen Prodi pendidikan Biologi, Mahasiswa, Alumni (Sugio, S.Pd., M.Pd, Dini Kesuma, S.Pd., M.Pd. Firman Effendi, S.Pd, Tenaga Tendik, yaitu Darmawan choirulsyah, S.E dan Rizki Permata Aini, S.Pd dan stakeholder yaitu Dra. Hj. Ria Wilastri, M.M (UPT SMA Negeri 1 Sembawa), Dra. Sri Lestari, M.Si (Kepala SMA Negeri 17 Palembang) dan  Dra. Yanna Sanova, M.Pd. (UPT SMA Negeri 1 Palembang)

Hasil Kegiatan lokakarya memberikan suatu informasi bahwa Perumusan kurikulum merdeka belajar beranjak dari visi dan misi yang tidak hanya mencakup tri dharma tetapi juga mengacu pada kompetensi. Berkaitan dengan hal itu, aspek tridharma, IKU, hasil treasure study , kompetensi mahasiswa dan user satisfaction dijabarkan dalam profil mahasiswa yang akan dituangkan dalam CPL (capaian lulusan) sehingga dapat memfasilitasi program MBKM (merdeka belajar kampus merdeka].

Teks: Mgs Mhd Tibrani

Editor: Sarono PS

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait