Program Serasi Memakmurkan Petani Muba

SWARNANEWS.CO.ID, SEKAYU | Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) sangat memberikan manfaat bahkan diharapkan meningkatkan pendapatan dan perekonomian petani karena dalam setahun tahun petani mampu tiga kali panen di lahan rawa.

Menurut penjelasan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Ir A Thamrin Melalui Kabid Sarana dan Prasarana mengharapkan, adanya program serasi ini lahan sawah terus di tanam tiga kali dalam setahun, terlebih dengan modernisasi seperti dengan menggunakan alat mesin pertanian (ALSINTAN)seperti alat berat exavator.

“Saya harap program serasi ini terus berjalan dengan baik untuk meningkatkan produktivitas yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani,”ujar Sumartono saat dimintai keterangan pada Senin (16/12/2019).

Selanjutnya, Sumartono menambahkan bahwa perlunya pengawasan dan pendamping demi tercapai hasil yang maksimal.

“Untuk itu peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),Pengawas Organisme Penggangu Tanaman (POPT) dan aparat pertanian lain perlu di tingkatkan pembinaan dan pendampingan juga harus terus dilakukan, agar kegiatan tanam ini mencapai hasil sesuai harapan,”terangnya.

Ketua Gabungan Kolompok Tani (GAPOKTAN) Harapan Baru Desa Lumpatan 1, Imlawani mengungkapkan bahwa petani sangat antusias dengan adanya program pertanian seperti serasi ini.

“Dengan adanya program ini petani bisa menikmati langsung dampaknya, selain untuk mengoptimalkan lahan dengan galian-galian parit untuk menampung air, dan selama ini petani panen setahun satu kali kali ini kami yakin dalam setahun 2 sampai tiga kali panen,”ungkapnya.

Terpisah, Aan Super salah satu anggota Gapoktan Bagan 1 Desa Lumpatan 1 menyampaikan, bahwa sangat besar manfaat program serasi, dengan adanya
tanggul-tanggul sekeliling ini, bisa menghemat racun selain itu kalau selama ini petani disini sering kekurangan air adanya tanggul ini kami tak khawatir lagi jika musim kemarau karena dari galian bisa menampung air.

Selanjutnya dia menambahkan bahwa tanggul-tanggul ini bisa di manfaatkan untuk menanam sayur-mayur yang diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Teks : Ril/Malaka
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait