PWI Lubuklinggau Latih Mahasiswa Amikon Jogjakarta Cara Menulis Berita

SWARNANEWS.CO.ID, LUBUK LINGGAU | Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Lubuklinggau, Endang Kusmadi memberikan pelatihan cara menulis berita melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) ketika menjadi dosen tamu mata kuliah Jurnalistik II, semeter III Program Studi Ilmu Komunikasi Univeristas Amikom Jogjakarta, Jumat (18/12/2020).

Endang Kusmadi mengatakan bahwa dirinya diundang sebagai dosen tamu oleh Dwi Pela Agustina S.I.Kom, MA selaku dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik II.

“Ada dua kelas mahasiswa yang digabungkan dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut” ujar Endang.

Dwi Pela Agustina menjelaskan bahwa dalam mata kuliah Jurnalistik I, mahasiswa telah diminta untuk membuat tulisan jenis straight news. Sementara untuk semester ini, mahasiswa diwajibkan membuat features.

“Saya harapkan Kak Endang, bisa berbagi ilmu dengan mahasiswa tentang bagaimana membuat berita dan features. Juga bagaimana proses pembuatan berita, dari perencanaan, peliputan hingga diterbitkan,” jelasnya.

Sementara itu, dalam materinya Endang Kusmadi berbagi pengalaman, mulai dari rencana liputan melalui rapat redaksi, penetapan narasumber, pelaksanaan liputan, proses editing hingga berita akhirnya diterbitkan.

“Saya minta mahasiswa banyak-banyak membaca, baik berita maupun features untuk menjadi contoh. Kemudian terus latihan menulis, karena jika terus diasah, kemampuan menulis pun akan muncul,” jelasnya.

Sementara itu dalam diskusi bersama mahasiswa, juga dibahas mengenai berita layak terbit dan tidak. Bagaimana pelaksanaan liputan di daerah bencana dan di masa pandemi.

Teks: Supriadi
Editor: Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait