Rencana Penyusunan RDTR di Kawasan Perkotaan Martapura Libatkan Masyarakat

SWARNANEWS.CO.ID, OKUT | Bupati Ogan Komering Ulu Timur H Lanosin ST membuka langsung Focus Group Discussion terkait analisis dan penyusunan konsep perkotaan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur tahun 2021, Selasa (12/10/2021).

Kasubdit sinkronisasi pemanfaatan ruang wilayah II Sri Damar Agustina ST. MT yang hadir secara virtual mengatakan, dalam FGD ini proses perencanaan daerah harus melalui serangkaian forum musyawarah dan melibatkan masyarakat, lembaga ke masyarakatan, aparatur pemerintah, lembaga ahli dan lainnya.

FGD ini bermaksud untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam perencanaan penyusunan RDTR di Kawasan Perkotaan Martapura.

Tujuan mengumpulkan data dan informasi sebagai gambaran awal mobilitas di dalam dan keluar Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Gambaran berdasarkan rona peta, sebaran serta potensi ruang publik, kebencanaan serta potensi daerah dan peluang pengembangannya.
Serta mengumpulkan data dan informasi isu isu pengembangan wilayah.

Sementara itu Bupati OKU Timur H Lanosin yang di dampingi Wakil Bupati OKU Timur H M Adi Nugraha Purna Yudha menginginkan program kementrian terkait perencanaan tata ruang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Saya ingin Martapura merupakan kota layak menjadi ibu kota. Berikan saran dan masukan yang baik pada FGD ini,” kata Enos panggilan akrab Bupati Lanosin.

Bupati juga inginkan detail rencana penyusunan kota Martapura ini menjadi acuan pemerintah kabupaten OKU Timur dalam membangun.

“Detail rencana ini akan menjadi lokasi dimana letak umkm, dimana pemukiman dan dimana untuk industri. Penataan ini juga harus sinkron dengan pihak Dispenda agar pendapatan pajak juga meningkat,” katanya.

Enos menegaskan, agar FGD ini di ikuti oleh para OPD dan memberikan saran masukan yang positif untuk FGD. (*)

Teks: Rill/fedyan
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait