RS DKT Lahat Bantu Pemerintah Tangani Pasien Covid-19 Tingkat Rendah dan Sedang

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Pada Juli 2021 ini, warga terpapar Covid-19 di Kabupaten Lahat meningkat drastis hingga mencapai ratusan pasien, dengan banyaknya kasus tersebut, banyak warga melakukan isolasi mandiri dan ada pula yang dirawat di Rumah Sakit yang ada dan melakukan Isolasi mandiri di rumah isolasi batai.

Pasien Covid-19 bukan hanya di rawat di RSUD Lahat, melainkan ada juga di rawat di Rumah Sakit Dinas Kesehatan Tentara (RS-DKT) Lahat, tercatat per Juli ada 27 pasien Covid-19 yang dirawat di RS DKT tersebut.

Kepala RS DKT Kabupaten Lahat dr. Richard Simbolon, Sp.THT-KL didampingi kepala ruangan isolasi Covid-19 Levi Oktavia, menyampaikan bahwa pihaknya sudah sosialisasi ke masyarakat, tinggal masyarakat sekarang untuk melakukan aturan dari pemerintah terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 terutama dalam melaksanakan protokol kesehatan saat berada diluar.

Disampaikannya juga, untuk saat ini pihak RS DKT melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang tingkat rendah dan tingkat sedang, jika sudah darurat maka dialihkan ke RSUD.

“Seandainya diterima pasien yang probabel covid dan dinyatakan positif Covid-19 maka akan dirawat sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya.

Sementara waktu mereka mengantisipasi kekurangan oksigen, dan pihaknya tadi sudah berkoordinasi dengan satgas bahwa pasukan oksigen masih cukup.

“Untuk perawat yang merawat pasien Covid-19 kita rolling per dua bulan, karena untuk penyegaran, mereka juga mendapat vitamin untuk menjaga imun mereka,” jelasnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tubuh RS DKT sendiri dr. Ricard memberikan kebijakan, yakni salah satunya apel ditiadakan dan untuk sementara diambil perbagian, jika ada diantara mereka yang mengalami adanya gejala Covid-19 agar dilakukan isolasi mandiri dirumah.

“Kita tidak boleh melakukan kontak dengan orang sekitar, jika tidak ada pekerjaan yang mendesak untuk pasien, ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lahat terutama di tubuh RS DKT sendiri,” pungkas dr. Ricard Simbolon,SP.THT-KL saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (28/07).

Teks: Jumra
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait