Sahur hari pertama, remaja gelar ‘perang’ petasan di BKB

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG |Asap petasan memenuhi pelataran Benteng Kuto Besak Kota Palembang di hari pertama bulan Ramadhan.

“Sudah jadi kebiasaan di sini tempat masyarakat bermain petasan dan asmara subuh, apalagi kalau lagi musim libur,” kata seorang warga Abdul Hakim, Kamis.

Menurutnya perang petasan sudah jadi seperti tradisi, selalu dilakukan setiap awal bulan ramadhan di mana usia anak-anak dan remaja mendominasi pengguna petasan.

Berdasarkan pantauan wartawan anak-anak dan remaja sudah memenuhi pelataran BKB sebelum waktu sholat subuh, saling melemparkan petasan satu sama lain.

Mereka menggunakan jenis petasan korek, percon disko dan percon kembang api tembak yang di beli dari penjual petasan di sekitar BKB.

Salah satu penjual petasan Masita mengatakan harga petasan korek ukuran kecil Rp5.000 per 100 butir, ukuran besar Rp10.000 per 100 butir, percin disko Rp5.000 per butir, dan percon tembak Rp20.000 per Batang.

“Saya datang sebelum subuh ke sini, sangat banyak yang membeli petasan saya terutama anak-anak usia Sekolah Dasar laki-laki maupun perempuan dan sudah satu jam jualan saya sudah habis,” ujar Masita.

Dia menambahkan tidak adanya petugas keamanan baik dari polisi maupun satpol pp membuat ia dan anak-anak bebas berjualan serta memainkan petasan di BKB.

Sumber:Antara
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait