Samsat OKU Permudah Pelosok Desa Bayar Pajak

SWARNANEWS.CO.ID, BATURAJA, 26/12/2019 | Samsat Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mempermudah masyarakat di pelosok desa di wilayah setempat dalam membayar pajak kendaraan melalui Kantor UPT Samsat 2 Peninjauan yang akan mulai dioperasikan pada awal 2020.

“Dijadwalkan awal Januari 2020 Kantor UPT Samsat 2 Peninjauan yang terletak di Jalan Putri Candri, Kecamatan Peninjauan ini sudah mulai beroperasi,” kata Kepala Cabang (Kacab) Samsat Baturaja, OKU 1, Humaniora Basili Basmark di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, dibukanya Kantor Samsat 2 Peninjauan tersebut merupakan program Gubernur Sumsel, Herman Deru untuk mempermudah masyarakat di pelosok desa dalam membayar pajak kendaraan.

“Jadi masyarakat sekitar tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh ke Kota Baturaja untuk membayar pajak kendaraannya,” ujar dia.

Dia menjelaskan, UPT Samsat 2 Peninjauan ini akan melayani pembayaran pajak kendaraan bagi masyarakat di pelosok desa khususnya di empat kecamatan yaitu Kecamatan Peninjauan, Kedaton Peninjauan Raya, Sinar Peninjauan dan Lubuk Batang.

“Dengan adanya kantor cabang ini diharapkan masyarakat lebih taat dalam membayar pajak kendaraan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten OKU,” tambahnya.

Sementara itu, Kacab UPT Samsat OKU 2 Peninjauan, Aidi Purnawan menyebutkan UPT Samsat OKU 2 Peninjauan menjadi salah satu dari 8 UPT/Samsat yang baru dibentuk di seluruh wilayah provinsi Sumsel.

Pelayanan di Kantor Samsat Peninjauan ini, kata dia sama dengan pelayanan di kantor UPT Samsat OKU 1 Baturaja yakni kepengurusan dan pembayaran pajak kendaraan roda dua dan empat.

Hanya saja, lanjut dia untuk pajak 5 tahunan atau ganti plat kendaraan dan pengurusan kendaraan baru ataupun balik nama kendaraan bermotor masih dilakukan di Samsat OKU 1 Baturaja.

Menurut dia, terkait pengoperasian Kantor Samsat Peninjauan yang dijadwalkan mulai beroperasi pada awal Januari 2020 tersebut pihaknya sudah menyosialisasi hal itu kepada masyarakat di wilayah setempat.

“Sosialisasi yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Peninjauan belum lama ini tersebut dihadiri ratusan peserta dari seluruh kepala desa dan BPD di empat kecamatan tersebut serta tokoh masyarakat di wilayah setempat,” jelasnya.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait