Sebagai Etalase Sumsel, Gubernur HD Dorong Pemerataan Pembangunan di Kawasan Selatan Kabupaten OKI

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, akan terus melakukan pemerataan pembangunan di sejumlah daerah. Termasuk di kawasan selatan Kabupaten OKI. Hal itu diungkapkan gubernur usai mendengarkan Paparan Program Prioritas TA. 2021 Bupati OKI Iskandar, SE  bertempat di rapat Gebernur Sumsel, Kamis (11/2/21).

Menurut HD, Kabupaten OKI menjadi daerah ke 9 yang telah memaparkan program  kerja prioritasnya diawal Tahun 2021 ini. Dirinya selaku Gubernur akan berupaya untuk membantu Kabupaten/ Kota dalam menyelesaikan sejumlah proyek yang mangkrak. Ataupun program percepatan peningkatan ekonomi kerakyatan melalui tersedianya infrastruktur yang layak.

Alokasi  Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) nantinya lanjut HD, akan diperioritaskan untuk kegiatan kategori super proritas merupakan pembangunan mangkrak dan sudah selesai Feasibility Study (studi kelayakan bisnis). Kategori proritas ditujukan bagi pembangunan fisik yang menjadi sorotan mata masyarakat. Sedangkan untuk kategori regular merupakan pembangunan rutin tahunan yang menjadi tanggungjawab kabupaten/kota.

“Ada tiga kategori yang menjadi pertimbangan dalam realisasi Bangubsus ini, yakni kategori super proritas, proritas dan regular,” ucapnya.

Dia menyebut, Bangubsus merupakan bentuk perhatian pemerintah provinsi dalam mewujudkan infrastruktur  merata di sejumlah kabupaten/kota di Sumsel. Termasuk di Kabupaten OKI yang menjadi etalasenya Sumsel  di kawasan selatan.

“Memang Bangubsus ini lebih fokus ke fisik saja, seperti pembangunan jalan, jembatan, bidang kesehatan dan pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan jika dibutuhkan juga menyentuh ranah non fisik,” terangnya.

Di lain pihak Bupati OKI, H Iskandar SE mengatakan, APBD Kabupaten OKI tidak memungkinkan menyeleasaikan  sejumlah proyek pembangunan termasuk bidang infrastruktur. Dimana  Kabupaten  OKI hannya memiliki APBD sebesar Rp2,5 Triliun yang harus mengcover luas wilayah 19.000 km persegi.

Menurut Iskandar, sejumlah  program yang diusulkannya  kepada Gubernur Sumsel  diantaranya  sektor pendidikan, kesehatan, jalan dan jembatan.

“Kita juga telah menyampaikan, program yang sangat mendesak dan berharap Pak Gubernur dapat meresponya melalui Bangubsus Tahun Anggaran 2021 ini,” tandasnya. (*)

Teks: rilis
Editor: maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *